Meninggal Dunia, Berikut Ini 6 Fakta Rekam Jejak Diego Maradona

Kompas.com - 26/11/2020, 18:34 WIB
Diego Maradona, 30 Oktober 1960-25 November 2020 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoDiego Maradona, 30 Oktober 1960-25 November 2020

KOMPAS.com - Dunia berduka atas meninggalnya legenda sepak bola Diego Armando Maradona.

Maradona meninggal dunia, Rabu (25/11/2020) pada usia 60 tahun.

Maradona diduga meninggal dunia akibat serangan jantung.

Meski memikili postur tubuh pendek dengan tinggi sekitar 1,65 meter, Maradona bertubuh kekar dan dikenal sebagai seorang individu jenius serta ahli strategi kolektif.

Baca juga: Mengenang Legenda dan Vokalis Band Queen, Freddie Mercury

Berikut ini fakta-fakta terkait Maradona:

1. Asal muasal

Dilansir BBC, Rabu (25/11/2020), Maradona lahir 60 tahun lalu di kota kumuh Buenos Aires, Argentina, tepatnya pada 30 Oktober 1960. 

Maradona merupakan anak kelima dari 8 bersaudara.

Diego Armando Maradona keluar dari kemiskinan masa mudanya untuk menjadi superstar sepak bola yang dianggap oleh beberapa orang bahkan lebih hebat dari Pele dari Brasil.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenang Legenda Timnas Indonesia Ricky Yacobi

Dia bergabung dengan Los Cebollitas, tim junior dari salah satu klub terbesar di Argentina, Argentinos Juniors sejak usia 10 tahun.

Sejak saat itu, ia menunjukkan bakat yang luar biasa dan mampu membawa timnya mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 136 pertandingan.

Maradona memulai debut untuk Argentina vs Hongaria pada 1977, pensiun dari bermain pada 1997 setelah dites positif obat-obatan, dan mengakhiri masa jabatan dua tahun sebagai manajer Argentina setelah tersingkir di perempat final Piala Dunia pada 2010.

Baca juga: Mengenang Lukman Niode, Legenda Renang Indonesia yang Meninggal karena Covid-19

2. Jumlah gol

Sekali-sekalinya Lionel Messi (kiri) dan Diego Maradona (kanan) bermain di satu lapangan, yaitu dalam laga amal yang digelar pada 27 Desember 2005 di Stadium Boca Junior di Buenos Aires, Argentina. AFP/JUAN MABROMATA Sekali-sekalinya Lionel Messi (kiri) dan Diego Maradona (kanan) bermain di satu lapangan, yaitu dalam laga amal yang digelar pada 27 Desember 2005 di Stadium Boca Junior di Buenos Aires, Argentina.

Selama hidupnya, Maradona mencetak 259 gol dalam 491 pertandingan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X