Maskapai Qantas Berencana Terapkan Syarat Vaksinasi bagi Penumpang Internasional

Kompas.com - 24/11/2020, 18:30 WIB
Pesawat Boeing 787-9 milik maskapai Qantas Airlines. SHUTTERSTOCKPesawat Boeing 787-9 milik maskapai Qantas Airlines.

KOMPAS.com - Maskapai asal AustraliaQantas, berencana memberlakukan syarat vaksinasi virus corona kepada para penumpang penerbangan internasional sebelum naik ke pesawat.

Syarat tersebut digambarkan sebagai "suatu kebutuhan".

"Kami tengah mengubah syarat dan ketentuan kami, yaitu kepada para penumpang internasional, kami akan meminta mereka melakukan vaksinasi sebelum bisa naik pesawat," kata Kepala Eksekutif Alan Joyce sebagaiman dikutip Straits Times, Selasa (24/11/2020).

Menurut Alan, pihaknya akan melihat kondisi pandemi Covid-19 ke depan.

"Akan tetapi, yang pasti, penumpang internasional yang keluar dari negara dan orang-orang yang meninggalkan wilayah negara, kami pikir itu (vaksinasi) adalah kebutuhan," ungkapnya.

Ia memprediksi aturan tersebut akan menjadi praktik standar di seluruh dunia.

Pasalnya, pemerintah dan maskapai penerbangan saat ini memang tengah mempertimbangkan pengenalan paspor vaksinasi elektronik.

Namun, maskapai besar lainnya mengatakan masih terlalu dini untuk menanggapi persyaratan perjalanan yang mungkin diberlakukan saat vaksin tersedia secara luas.

"Hingga saat ini, kami belum memiliki rencana konkret untuk mengumumkan syarat terkait vaksin karena masih dalam pengembangan dan membutuhkan waktu untuk mendistribusikannya," kata perwakilan Korean Air kepada AFP.

Baca juga: BPOM Targetkan Januari Beri Izin Vaksin Covid-19 Sinovac, Ini Kata Epidemiolog

Syarat terkait vaksin

Persyaratan terkait vaksin memang sudah banyak diberlakukan di dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X