Benarkah Probiotik Bisa Menurunkan Berat Badan? Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 24/11/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi minuman probiotik. ShutterstockIlustrasi minuman probiotik.

KOMPAS.com - Probiotik selama ini dikenal sebagai mikoorganisme hidup yang mempunyai manfaat kesehatan yang berada di sistem pencernaan manusia. 

Selain itu, probiotik juga dapat ditemukan di suplemen dan makanan fermentasi.

Manfaat probiotik antara lain dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan pencernaan dan jantung.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan probiotik dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak perut.

Mengurangi berat badan

Melansir Healthline, ratusan mikroorganisme berada di sistem pencernaan, dengan sebagian besar terdiri dari bakteri yang menghasilkan sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin K dan vitamin B tertentu.

Probiotik membantu memecah serat, yang tidak dapat dicerna tubuh, kemudian mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek yang bermanfaat seperti butirat.

Baca juga: Viral, Unggahan Pria Alami Diare Setelah Minum Minuman Probiotik, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Terdapat dua bakteri baik dalam usus, yaitu bakteroidetes dan firmicutes. Berat badan kemungkinan berkaitan dengan keseimbangan kedua populasi bakteri tersebut.

Penelitian pada manusia atau hewan telah menemukan, orang dengan berat badan sedang mempunyai bakteri usus yang berbeda dengan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Orang dengan obesitas mempunyai lebih banyak firmicutes dan lebih sedikit bacteroidetes, meskipun belum diketahui hubungan antara rasio firmicutes dan bacteroidetes terhadap obesitas.

Bagaimana probiotik pengaruhi berat badan?

Belum diketahui secara pasti cara probiotik mempengaruhi berat badan dan lemak perut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X