Twitter Akan Serahkan Kendali Akun Presiden AS @POTUS ke Joe Biden

Kompas.com - 22/11/2020, 07:00 WIB
Akun Twitter resmi Presiden AS saat ini @POTUS Tangkapan layar Twitter @POTUSAkun Twitter resmi Presiden AS saat ini @POTUS

KOMPAS.com -  Twitter akan menyerahkan kendali atas akun twitter Presiden Amerika Serikat @POTUS kepada Joe Biden di hari pelantikan nantinya. 

Penyerahan tersebut nantinya akan tetap dilakukan meskipun Presiden AS Donald Trump belum mengakui kekalahannya dalam pemilihan umum AS tahun ini.

Juru Bicara Twitter Nick Pacilio mengatakan, salah satu platform media sosial terbesar di dunia ini secara aktif bersiap untuk mendukung transisi akun Twitter institusi Gedung Putih pada 20 Januari 2021. 

Baca juga: Akun FPI Kena Suspend, Simak Peraturan Twitter soal Penangguhan Akun

Melansir Channel News Asia, Sabtu (21/11/2020), proses ini dilakukan melalui konsultasi dengan Badan Arsip Nasional, yaitu seperti pada 2017.

Penyerahan kontrol atas akun ini, termasuk pengarsipan dari semua twit yang ada di akun @POTUS, @FLOTUS, @VP, dan akun resmi lainnya. 

Sebagai informasi, POTUS adalah singkatan dari President of the United States. Sementara FLOTUS adalah First Lady of the United States. 

akun twitter @flotusscreenshoot akun twitter @flotus

Akun diatur ulang

Akun tersebut akan diatur ulang menjadi nol tweet dan diserahkan kepada Presiden AS terpilih Joe Biden di hari ia masuk. 

Trump, yang belum mengakui kekalahannya dalam pemilu ini, menggunakan Twitter untuk membantu membangun brand politik dan kemudian menggunakan kekuasaannya kepresidenannya. 

Meski demikian, Presiden Trump lebih memilih tetap menggunakan akun pribadinya @realDonaldTrump yang telah memiliki 88 juta pengikut.

Sementara, akun Presiden AS @POTUS dengan pengikut sebanyak 32 juta banyak mengunggah ulang atau me-retweet dari akun personal Trump.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X