Fakta Unik Koala: Sidik Jarinya Mirip Manusia

Kompas.com - 21/11/2020, 20:42 WIB
Ilustrasi koala Shutterstock/YatraIlustrasi koala

KOMPAS.com - Koala adalah hewan khas Australia. Hewan ini terkenal karena perilakunya yang terlihat malas dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.

Diberitakan Kompas.com, 2 September 2020, koala menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon, mulai dari makan sampai tidur semuanya dilakukan di atas pohon.

Dalam sehari, koala bisa tidur sampai 20 jam.

Namun, selain mampu tidur dalam jangka waktu lama, ternyata ada fakta lain dari mamalia marsupial ini yang menarik untuk diketahui.

Live Science, 3 Mei 2011, menuliskan, koala ternyata memiliki sidik jari yang nyaris identik dengan manusia.

Kemiripan ini dianggap luar biasa karena bahkan jika dilihat dengan mikroskop, perbedaan antara sidik jari koala dengan manusia nyaris tidak kentara.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Alasan Koala Tidur Sambil Memeluk Batang Pohon

Sidik jari koala

Selain koala, hewan lain yang memiliki sidik jari adalah kerabat dekat manusia, yaitu simpanse dan gorila.

Namun, jika dibandingkan dengan kedua primata itu, koala memiliki kemiripan sidik jari yang nyaris identik dengan manusia.

Para peneliti menduga, hal ini karena sidik jari koala mengalami evolusi yang lebih maju dibanding simpanse dan gorila.

Sementara itu, hewan yang masih berkerabat dekat dengan koala, yaitu wombat dan kanguru, diketahui tidak memiliki sidik jari.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X