Kasus Corona Menurun, WHO: Pembatasan Sosial di Eropa Membuahkan Hasil

Kompas.com - 21/11/2020, 20:25 WIB
Tiga perempuan memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Madrid, Spanyol, pada Kamis, 8 Oktober 2020. AP Photo/Paul White via ABC IndonesiaTiga perempuan memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Madrid, Spanyol, pada Kamis, 8 Oktober 2020.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengatakan bahwa pembatasan yang dilakukan untuk cegah penyebaran virus corona di Eropa, tampaknya membuahkan hasil.

Kesimpulan itu didapat setelah melihat grafik penurunan kasus baru mingguan Covid-19 di Benua Biru tersebut.

Dengan adanya penurunan kasus corona ini menawarkan secercah harapan menjelang datangnya Hari Natal. Meskipun di bagian lain, kasus masih terus melonjak di Amerika Serikat.

Dikutip dari NBC News, Jumat (20/11/2020), pembatasan yang dilakukan mulai dari penutupan sekolah dan toko hingga interaksi sosial, menyebabkan sedikit penurunan kasus mingguan Covid-19.

Baca juga: BPOM AS Pertimbangkan Penggunaan Darurat Vaksin Corona Pfizer Bulan Depan

Turun dalam 2 minggu

 

Dari sebelumnya Eropa mencatatkan 2 juta kasus, menjadi 1,8 juta selama dua minggu terakhir.

Data tersebut seperti diungkapan oleh pihak WHO dalam laporannya.

"Ini adalah sinyal kecil, tapi bagaimanapun itu adalah pertanda," kata direktur regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Hans mengatakan, penguncian di masa depan "bisa dihindari" apabila lebih banyak orang memakai masker dan menggunakan teknologi pelacakan kontak.

Ia juga menawarkan secercah harapan bagi mereka yang berencana menghabiskan musim liburan Natal bersama orang-orang tersayang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X