Vaksin Covid-19 Oxford Diklaim Bangun Kekebalan bagi Orang Tua

Kompas.com - 20/11/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/solarsevenIlustrasi vaksin Covid-19
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Vaksin virus corona yang dikembangkan Universitas Oxford, ChAdOx1 nCov-2019, diklaim membangun kekebalan pada orang tua.

Data klaim kemanjuran kandidat vaksin Oxford ini diharapkan dapat dirilis dalam beberapa minggu mendatang.

Vaksin Oxford tersebut disebut terbukti memicu respons imun yang kuat pada orang dewasa sehat berusia 56-69 tahun dan lebih dari 70 tahun.

Dikutip dari The Guardian pada Kamis (19/11/2020), hal ini mengartikan, salah satu kelompok yang paling rentan mengembangkan penyakit ke kondisi serius dan kematian akibat Covid-19 dapat membangun kekebalan tubuh.

Menurut para peneliti, respons kekebalan serupa muncul pada kelompok usia 18-55 tahun, 55-69 tahun, dan lebih dari 70 tahun.

Studi dilakukan terhadap 560 orang dewasa yang sehat, termasuk 240 orang berusia di atas 70 tahun.

Baca juga: Diklaim Memuaskan, Seperti Apa Vaksin Corona Universitas Oxford?

Hasilnya menunjukkan, vaksin lebih dapat ditoleransi pada orang yang lebih tua daripada orang dewasa muda.

Adapun sukarelawan menerima dua dosis calon vaksin atau vaksin meningitis plasebo. Tidak ada efek samping yang serius dan merugikan terkait vaksin yang diberikan pada peserta.

Para peneliti mengungkapkan, hasil pengujian konsisten dengan data fase 1 pada awal tahun ini, yang dilaporkan untuk orang dewasa sehat berusia 18-55 tahun.

"Orang dewasa yang lebih tua merupakan kelompok prioritas untuk vaksinasi Covid-19, karena mereka berisiko tinggi terkena penyakit parah," kata seorang peneliti di Oxford Vaccine Group dan dokter konsultan, Dr Maheshi Ramasamy.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X