Viral Video Ikan Mirip Lele Remukkan Kaleng Minuman, Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 19/11/2020, 15:02 WIB
Tangkapan layar Instagram video ikan mirip lele meremukkan kaleng minuman Tangkapan layar Instagram video ikan mirip lele meremukkan kaleng minuman

KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam ikan mirip lele meremukkan kaleng minuman viral di media sosial Instagram.

Dalam video itu, terlihat seseorang mendekatkan kaleng minuman ke mulut ikan yang sudah terkulai lemas di sebuah wadah tanpa air.

Meski demikian, ikan tersebut masih tetap mampu meremukkan kaleng sehingga membuat isi minuman tumpah.

Akun @makassar_iinfo mengunggah video tersebut pada Senin (16/11/2020) dan telah tayang sebanyak 268.734 kali.

"Walaupun sudah tidak berada di air, jangan coba-coba dekatkan tangan kalian di ikan belut serigala ini. Bisa putus jari kalian," tulis akun itu.

Unggahan lengkap video tersebut dapat di lihat di sini: Viral ikan mirip lele meremukkan kaleng.

Baca juga: Tagar #IndonesiaTerserah Kembali Viral di Twitter, Ini Kata Satgas Covid-19

Penjelasan ahli

Dosen Departemen Perikanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Djumanto mengatakan, ikan yang ada dalam video itu adalah ikan moray eel (Anarrhichthys ocellatus ayres).

"Kalau nama latinnya kan Anarrhichthys ocellatus ayres, itu banyak spesiesnya," kata Djumanto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Djumanto menjelaskan, habitat ikan tersebut berada di laut lintang tinggi yang memiliki suhu di bawah 20 derajat celcius.

Kendati demikian, Djumanto menyebut bahwa ada beberapa jenis moray eel yang ditemukan di perairan Indonesia, namun tak memiliki perbedaan fisiologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X