[HOAKS] Nasi Dipanaskan Lebih dari 6 Jam Berubah Menjadi Racun

Kompas.com - 18/11/2020, 20:31 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah informasi yang menyebut tentang bahaya mengonsumsi nasi setelah dipanaskan dari rice cooker atau penanak nasi banyak tersebar di media sosial.

Kabar tersebut beredar dalam sebuah pesan berantai di media sosial, termasuk di Facebook dan WhatsApp.

Informasi ini diklaim berasal dari seorang konsultan kesehatan dari Lembaga Konsultan Kanker Indonesia.

Penjelasan dari ahli gizi dan penelusuran sumber yang dilakukan menunjukkan bahwa klaim dalam pesan berantai tersebut tidak tepat.

Baca juga: [HOAKS] Fluorida di Pasta Gigi Sebabkan Kanker Tulang Osteosarcoma

Narasi yang beredar

Sejumlah akun Facebook dan pesan berantai di Whatsappp membagikan informasi mengenai bahaya nasi yang dihangatkan terus menerus selama lebih dari 6 jam.

Beberapa unggahan itu bisa dilihat di sini dan di sini. 

Menurut unggahan-unggahan yang beredar, saat nasi dipanaskan di rice cooker selama lebih dari 6 jam, ia akan berubah menjadi racun.

Berikut adalah penggalan narasi yang beredar:

Ini adalah fakta pertama yang membuat saya shock. Tapi syukurlah kalimat tersebut hanya kalimat pembuka Pak Anto saja. Karena nyatanya nasi dari magic com boleh dimakan. Namun dengan syarat, tidak boleh lebih dari 6 jam di dalam magic com dengan kondisi terus terusan dihangatkan.

"Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 6 jam ia akan berubah menjadi racun”, kata Pak Anto memperingatkan. Sehingga ketika memasak nasi dan sudah matang, ia menyarankan untuk mengeluarkan nasi tersebut dari magic com dan dipindahkan saja di tempat nasi.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X