Kapan NIP untuk CPNS 2019 Diusulkan? Ini Penjelasan BKN...

Kompas.com - 18/11/2020, 16:03 WIB
Peserta tes CPNS Pemkot Magelang tahun 2019 di halaman GOR Samapta Kota Magelang, Februari 2019 lalu. KOMPAS.COM/IKA FITRIANAPeserta tes CPNS Pemkot Magelang tahun 2019 di halaman GOR Samapta Kota Magelang, Februari 2019 lalu.

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperpanjang masa pemberkasan bagi peserta yang lolos seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019, dari 15 November 2020 menjadi 21 November 2020.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan perpanjangan masa unggah dokumen itu diterapkan karena adanya penggantian peserta yang mengundurkan diri dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan dokumen kelengkapan usul.

Setelah selesai proses pemberkasan, ia menambahkan, peserta CPNS 2019 akan menuju tahapan pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP).

"Peserta yang dinyatakan lulus mengisi DRH dan melengkapi berkas-berkas, nanti instansi yang akan mengusulkan (NIP CPNS) ke BKN," ujar Paryono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/11/2020).

"Pengusulan NIP CPNS dari instansi dilakukan setelah tanggal 21 November," lanjut dia.

Baca juga: Periode Pemberkasan Diperpanjang, Apakah Jadwal TMT CPNS 2019 Mundur?

Langkah-langkah pengusulan NIP

Paryono menjelaskan langkah-langkah pengusulan NIP CPNS diatur dalam Peraturan BKN 14/2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS. Berikut rinciannya:

1. Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi menyampaikan usul penetapan NIP kepada BKN, termasuk kelengkapan dokumen pemberkasan peserta yang sudah diverifikasi oleh masing-masing instansi.

2. Tim Pengadaan BKN akan lakukan pengecekan atau validasi berupa pemeriksaan dan penelitian terhadap kelengkapan dokumen-dokumen yang sudah diverifikasi instansi, apakah sudah sesuai dengan administrasi atau persyaratan dan regulasi pelaksanaan seleksi CPNS.

3. Hasil pemeriksaan dan penelitian usul NIP dari instansi dikategorikan berupa: usul penetapan NIP yang Memenuhi Syarat (MS) ditetapkan NIP oleh BKN; usul penetapan NIP yang bahannya tidak lengkap (BTL) dikembalikan dengan surat pemberitahuan ke instansi untuk dilengkapi; dan usul penetapan NIP yang tidak memenuhi syarat (TMS) dikembalikan dengan surat pemberitahuan ke instansi.

4. PPK dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja setelah menerima penetapan NIP dari BKN, kemudian membuat keputusan pengangkatan (SK CPNS).

Baca juga: Peserta yang Sudah Lolos CPNS 2019 Bisa Digantikan, jika...

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X