11 Bulan Pandemi, 7 Negara Ini Belum Laporkan Kasus Covid-19

Kompas.com - 17/11/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi Covid-19, virus corona, pasien Covid-19, pasien infeksi virus corona ShutterstockIlustrasi Covid-19, virus corona, pasien Covid-19, pasien infeksi virus corona

KOMPAS.com - Setidaknya sudah 11 bulan lamanya virus corona yang terdeteksi pertama kali di Wuhan, China, menjadi ancaman dunia. 

Pandemi Covid-19 yang terjadi belum menunjukkan tanda akan berakhir. Bahkan, sejumlah negara tengah menghadapi gelombang kedua dengan angka kasus virus corona lebih tinggi dari sebelumnya.

Hingga Senin (16/11/2020), berdasarkan data Worldometers, tercatat lebih dari 54,8 juta kasus infeksi Covid-19 di dunia.

Dari jumlah tersebut terdapat 1,3 juta kasus kematian dan 38 juta kasus dinyatakan sembuh.

Baca juga: Laporkan 30.548 Kasus Baru Covid-19, India Mulai Tunjukkan Tren Penurunan

Kendati demikian, masih ada 7 negara yang sampai saat ini belum melaporkan kasus virus corona.

Ketujuh negara tersebut semuanya merupakan negara pulau yang terletak di Pasifik Selatan.

Berikut daftarnya, dikutip dari data Statista:

  1. Palau
  2. Mikronesia
  3. Nauru
  4. Kiribati
  5. Tuvalu
  6. Samoa
  7. Tonga

Sebenarnya, masih ada 2 negara lain yang belum melaporkan kasus Covid-19, yaitu Korea Utara dan Turkmenistan. Namun, banyak ahli meragukan klaim itu.

Baca juga: Studi: Peneliti Temukan Virus Corona dapat Pengaruhi Kesuburan Pria

Di Korea Utara, ada kasus yang dicurigai di kota perbatasan Kaesong dan mendorong Kim Jong-un untuk melakukan penguncian selama tiga minggu di wilayah tersebut.

Sementara di Turkmenistan, ada laporan bahwa terdapat beberapa orang yang diduga mengalami gejala virus corona dan meninggal, tetapi pemerintah memilih bungkam.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X