SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa, Salah Satunya Veteran dari Jepang

Kompas.com - 16/11/2020, 12:20 WIB
Roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon yang berisi 4 kru lepas landas di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, pada Minggu (15/11/2020). AP PHOTO/JOHN RAOUXRoket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon yang berisi 4 kru lepas landas di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, pada Minggu (15/11/2020).

KOMPAS.com - Empat astronot telah diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). 

Kru terbang ke orbit dengan roket dan kapsul yang disediakan oleh perusahaan SpaceX, Minggu (15/11/2020).

Melansir nbcnews, roket Falcon dan kapsul Dragon bertolak dari Kennedy Space Center, Florida pukul 19.27 waktu setempat.

Penerbangan membutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk mencapai stasiun tujuan.

Adapun empat astronot yang menuju ke ISS terdiri dari tiga orang Amerika dan satu orang Jepang, yaitu Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi.

"Ini adalah momen bersejarah lainnya. Namun jangan salah, kewaspadaan selalu diperlukan di setiap penerbangan," kata Administrator NASA Jim Bridenstine.

Baca juga: SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke ISS, Akhiri Ketergantungan Dunia pada Rusia

Astronot Jepang

Sebelum meluncur ke luar angkasa, para astronot dikarantina bersama keluarganya sejak Oktober.

Mengingat pandemi Covid-19 yang masih terjadi, seluruh personel yang turut dalam peluncuran mengenakan masker dan jumlah tamu yang menyaksikan secara langsung dibatasi.

Dikabarkan BBC, awak astronot Hopkins, Glover, Walker, dan Noguchi akan tinggal di ISS selama enam bulan.

Tiga pria, satu awak wanita yang dipimpin oleh Komandan Mike Hopkins, seorang kolonel Angkatan Udara.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X