Hari Ini dalam Sejarah: Benazir Bhutto Terpilih sebagai Perdana Menteri Pakistan

Kompas.com - 16/11/2020, 08:55 WIB
Mendiang PM Pakistan, Benazir Bhutto. AP PhotoMendiang PM Pakistan, Benazir Bhutto.

KOMPAS.com - Hari ini 32 tahun lalu, tepatnya 16 November 1988, Benazir Bhutto terpilih sebagai Perdana Menteri perempuan pertama di Pakistan.

Dilansir dari Britannica, terpilihnya Bhutto sekaligus menjadi tonggak sejarah baru.

Dia mencatatkan dirinya sebagai perempuan pertama dalam sejarah modern yang dipercaya memimpin negara dengan penduduk mayoritas muslim.

Bhutto menjabat sebagai PM Pakistan selama dua periode, yakni pada 1988-1990, dan kemudian menjabat lagi pada 1993-1996.

Keluarga politisi

Benazir Bhutto lahir di Karachi, Pakistan, pada 21 Juni 1953. Dia adalah putri dari politisi Zulfikar Ali Bhutto, yang memimpin Pakistan pada 1971 hingga 1977.

Bhutto mengenyam pendidikan tingginya di Universitas Harvard pada 1973 dan memperoleh gelar sarjana muda (B.A.). Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Oxford.

Pada 1977, Bhutto lulus dari Universitas Oxford dengan gelar sarjana muda di bidang filsafat, ilmu politik, dan ekonomi.

Karier politik Bhutto dimulai setelah kematian ayahnya pada 1979. Zulfikar Ali Bhutto dieksekusi mati oleh pemerintahan diktator militer Mohammad Zia-ul-Haq.

Setelah eksekusi mati ayahnya, Bhutto menjabat sebagai pimpinan Partai Rakyat Pakistan (PPP) yang didirikan oleh ayahnya.

Pada periode 1979 hingga 1984, Bhutto harus merasakan hidup dalam bayang-bayang militer yang sering menjatuhkan hukuman tahanan rumah terhadap dirinya.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Pesawat Tragis Satu Tim Sepak Bola

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X