Kebakaran Landa RS yang Tangani Pasien Covid-19 di Rumania, 10 Orang Tewas

Kompas.com - 15/11/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi api. Kayu yang terbakar adalah contoh laju reaksi. Panas dan oksigen yang bertemu kayu berubah menjadi karbon dioksida, uap, dan abu. PIXABAY/Myriams-FotosIlustrasi api. Kayu yang terbakar adalah contoh laju reaksi. Panas dan oksigen yang bertemu kayu berubah menjadi karbon dioksida, uap, dan abu.

KOMPAS.com - Kebakaran melanda unit perawatan intensif (ICU) sebuah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di Kota Piatra Neamt,  Rumania, Sabtu (14/11/2020).

Piatra Neamt berjarak sekitar 353 kilometer (219 mil) di utara ibu kota Rumania, Bukares.

Dilansir AP News,  kebakaran itu menewaska 10 orang dan melukai 10 orang, dengan 7 orang di antaranya kritis.

Juru bicara Inspektorat Situasi Darurat, Irina Popa, mengatakan api menyebar melalui bangsal perawatan intensif yang digunakan untuk pasien Covid-19.

Dia mengatakan sebagian besar korban meninggal atau terluka adalah pasien rumah sakit.

Baca juga: Epidemiolog Nilai Kasus Harian Covid-19 Capai 5.000 Masih Belum Angka Sebenarnya

Menteri Kesehatan Rumania, Nelu Tataru, mengatakan kepada media Rumania bahwa kebakaran tersebut kemungkinan besar dipicu korsleting listrik.

Akan tetapi, kantor kejaksaan nasional Rumania mengatakan akan menyelidiki kobaran api sebagai kemungkinan kasus kriminal.

Jaksa yang memimpin penyelidikan kebakaran pada 2015 yang menewaskan 64 orang di klub malam bawah tanah di ibu kota Rumania ditugaskan untuk memimpin penyelidikan ini.

Menurut kantor berita setempat, RS di Piatra Neamt tersebut telah lama dikelola dengan buruk.

Tercatat, hanya ada delapan orang manajer yang ditunjuk pemerintah mengawasi fasilitas tersebut pada tahun lalu.

Baca juga: Keberhasilan Vaksin Corona Pfizer Disebut Bisa Tingkatkan Vaksinasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X