[POPULER TREN] Penjelasan BMKG soal Indonesia Disebut Alami Gelombang Panas | Subsidi Gaji Termin II untuk 2,7 Juta Pekerja Cair

Kompas.com - 15/11/2020, 05:45 WIB
Populer Tren Populer TrenPopuler Tren

KOMPAS.com - Beragam pemberitaan mewarnai laman Tren pada Sabtu (14/11/2020) hingga Minggu (15/11/2020) pagi.

Mulai dari penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait informasi Indonesia disebut mengalami gelombang panas.

Selanjutnya, ada juga pemberitaan mengenai bantuan subsidi upah atau gaji (BSU) termin II untuk batch 2 mulai dicairkan untuk 2,7 juta pekerja.

Selain itu, ada juga penjelasan dari ilmuwan LIPI mengenai alasan laron atau alate sering muncul setelah hujan.

Berikut lima berita yang meramaikan laman Tren:

1. Penjelasan BMKG soal Indonesia disebut alami gelombang panas

Sebuah pesan yang menginformasikan Indonesia mengalami gelombang panas beredar luas di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Dalam pesan tersebut, disebutkan suhu di beberapa tempat telah mencapai 38 derajat celsius atau lebih, bahkan di siang hari dapat mencapai 40 derajat celsius.

Kabid Diserminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menegaskan, tidak benar gelombang panas sedang terjadi di Indonesia.

Hary menjelaskan, gelombang panas dalam ilmu klimatologi didefinisikan sebagai periode cuaca (suhu) panas yang tidak biasa yang biasanya berlangsung setidaknya lima hari berturut-turut atau lebih (sesuai batasan Badan Meteorologi Dunia atau WMO) disertai oleh kelembapan udara yang tinggi.

Penjelasan selengkapnya bisa dibaca di sini:

Indonesia Disebut Alami Gelombang Panas, Ini Penjelasan BMKG

2. Subsidi gaji termin II untuk 2,7 juta pekerja cair

Kementeran Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali menyalurkan bantuan subsidi upah atau gaji ( BSU) batch 2 termin II mulai Kamis (12/11/2020).

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kompas.com, pencairan BSU batch 2 termin II ini menyasar 2.713.434 pekerja atau buruh yang memenuhi syarat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.