Saat Vaksin Polio Bio Farma Jadi yang Pertama Terdaftar oleh WHO untuk Penggunaan Darurat...

Kompas.com - 14/11/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi vaksin polio oral Shutterstock/frank60Ilustrasi vaksin polio oral
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mendaftarkan vaksin nOPV2 yang dikembangkan Bio Farma, Indonesia untuk penggunaan darurat guna mengatasi meningkatnya kasus strain polio yang diturunkan dari vaksin cVPDV di sejumlah negara Afrika dan Mediterania Timur pada Jumat (13/11/2020).

Negara-negara di wilayah Pasifik Barat dan Asia Tenggara juga terkena dampak wabah ini. Sehingga, nPOV2 menjadi vaksin yang pertama terdaftar untuk penggunaan darurat.

Daftar penggunaan darurat atau Emergency Use Listing (EUL) membuka jalan untuk daftar potensi vaksin Covid-19.

Baca juga: Amankah Imunisasi Anak di Masa Pandemi? Berikut Penjelasan Dokter

Melansir situs resmi WHO, dunia telah membuat kemajuan luar biasa menuju pemberantasan polio, dengan mengurangi kasus polio hingga 99,9 persen dalam 30 tahun terakhir.

Namun, langkah terakhir mengakhiri penyakit ini terbukti paling sulit, terutama dengan terus berjangkitnya virus polio yang diturunkan dari vaksin (cVDPV) yang beredar.

Pada dasarnya, cVDPV terjadi jika strain virus polio yang dilemahkan yang terkandung dalam vaksin polio oral (OPV) beredar di antara populasi yang kurang diimunisasi untuk waktu yang lama.

Jika tidak cukup anak-anak yang diimunisasi terhadap polio, virus yang melemah dapat berpindah antar individu dan seiring waktu secara genetik kembali ke bentuk yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

"Saat ini, CVDPV tipe 2 adalah bentuk paling umum dari virus yang diturunkan dari vaksin," tulis WHO.

Baca juga: Kenapa Vaksin Virus Corona dari China Diuji di Indonesia? Ini Penjelasan Bio Farma

Prosedur EUL

Prosedur EUL dapat membantu mempercepat akses ke vaksin Covid-19 di masa depan.

Prosedur ini menilai kesesuaian produk kesehatan yang belum memiliki lisensi selama keadaan darurat kesehatan masyarakat, seperti polio dan Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X