Hacker Rusia dan Korea Utara Terdeteksi Incar Data Vaksin Covid-19

Kompas.com - 14/11/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi kejahatan digital, data pribadi, peretasan, peretasan digital, hacker ShutterstockIlustrasi kejahatan digital, data pribadi, peretasan, peretasan digital, hacker

KOMPAS.com - Sejumlah hacker kini menargetkan pencurian data dari para pembuat vaksin virus corona. Hal itu disampaikan Microsoft lewat lamannya baru-baru ini.

Dikutip AP News, Jumat (13/11/2020), Microsoft mendeteksi upaya peretas Rusia dan Korea Utara (Korut) yang didukung negara untuk mencuri data berharga dari perusahaan farmasi dan peneliti vaksin terkemuka.

Microsoft mengatakan sebagian besar serangan hacker dalam beberapa bulan terakhir tidak berhasil.

Tetapi, pihaknya tidak memberikan informasi tentang berapa banyak yang berhasil atau seberapa serius pelanggaran tersebut.

Menurut pemerintah AS, peretas yang didukung oleh negara China itu juga telah menargetkan pembuat vaksin Covid-19.

Baca juga: Kandidat Vaksin Covid-19 Asal Australia Diklaim Picu Respons Antibodi

Sebagian besar target berlokasi di Kanada, Perancis, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Tempat-tempat itu terlibat langsung dalam penelitian vaksin dan perawatan untuk Covid-19 dalam berbagai tahap uji klinis.

Adapun, salah satu kelompok peretas yang teridentiifkasi adalah Fancy Bear, agen militer Rusia. Menurut Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris, kelompok tersebut pada bulan Juli berada di balik upaya penyusupan tersebut.

Sementara itu, dua kelompok lainnya yang teridentifikasi adalah Grup Lazarus Korea Utara dan grup yang disebut oleh Microsoft sebagai Cerium.

Sebagian besar upaya pembobolan melibatkan upaya untuk mencuri kredensial login orang terkait dengan organisasi yang ditargetkan.

Microsoft mengungkapkan Grup Lazarus berperan sebagai perekrut pekerjaan, sementara Cerium menargetkan email spear-phishing yang disamarkan sebagai missives dari perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Diklaim 90 Persen Efektif, Vaksin Corona Pfizer Dinilai Tak Bisa Tersedia Sebelum Desember

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X