Jika Tidak Digoreng, Bagaimana Cara Memasak Makanan Sehat?

Kompas.com - 12/11/2020, 16:28 WIB
Ilustrasi memasak Ilustrasi memasak

KOMPAS.com - Memasak makanan yang sehat tidak harus menggunakan peralatan memasak yang mahal, tapi bisa menggunakan teknik memasak dasar.

Dikutip Mayoclinic, 18 Maret 2020, orang dewasa harus membatasi kalori lemak jenuh tidak lebih dari 10 persen dari kalori harian.

Dengan menggunakan teknik memasak sehat, Anda bisa mengurangi lemak jenuh. Pertimbangkan untuk tidak menggunakan mentega karena terdapat lemak jenuh cukup tinggi.

Baca juga: Simak, Ini 15 Makanan yang Sebaiknya Dihindari agar Sistem Imun Kuat

Metode memasak sehat berikut ini dapat mempertahankan rasa dan nutrisi dalam makanan tanpa menambahkan terlalu banyak lemak atau garam.

1. Mengukus

Dikutip Mayoclinic, salah satu teknik memasak paling sederhana adalah mengukus makanan dalam pengukus yang ditempatkan di atas cairan mendidih.

Cara ini menggunakan uap dari cairan yang dipanaskan untuk memasak makanan.

Caranya isi panci dengan air dan panaskan hingga mendidih.

Tempatkan makanan Anda dalam keranjang kukus atau wadah lain yang berlubang di atas air.

Tambahkan rasa pada air untuk membantu memberi makanan lebih banyak rasa saat dikukus.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Jantung, Apa Saja?

2. Tumis

Ini adalah metode tradisional Asia.

Menumis dilakukan dengan cepat untuk memasak makanan kecil berukuran seragam saat diaduk dengan cepat dalam teflon atau wajan anti lengket besar.

Anda hanya membutuhkan sedikit minyak untuk metode memasak ini.

Dikutip WebMD, 3 Februari 2018, teknik tumis adalah pilihan yang baik untuk sayuran seperti jamur, tomat, bawang bombay yang memiliki banyak kelembapan di dalamnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X