Berkaca dari Kasus Winda Earl di Maybank, Ini 4 Tips agar Dana Simpanan di Bank Semakin Aman

Kompas.com - 12/11/2020, 06:31 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

KOMPAS.com - Kasus seorang nasabah bank swasta yang disebutkan kehilangan dana tabungan hingga miliaran rupiah belakangan ini ramai diperbincangkan publik.

Nasabah itu adalah Winda Earl yang mengaku kehilangan dana tabungan sebesar Rp 22 miliar di rekening Maybank.

Lantas, bagaimana agar simpanan uang Anda di bank bisa semakin aman?

Independent financial planner, Eko Endarto menyebut sesungguhnya perbankan adalah lembaga keuangan teraman yang saat ini berdiri.

Di sana, masyarakar bisa melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan transaksi keuangan dengan aman dan terjamin.

"Kalau kita bicara perbankan itu adalah lembaga keuangan yang paling aman saat ini, dan teknologinya bisa dikatakan keamanannya paling bagus. Jadi sepanjang kita mengikuti aturannya dan tidak ada penyelewengan baik (dari pihak) si nasabah maupun si perbankannya harusnya enggak ada masalah, harusnya," papar Eko, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Ramai soal Merger Bank Syariah, Ini Pendapat Sekjen MUI

Ia menyebut sistem operasional perbankan adalah yang paling mapan dan teratur di antara lembaga keuangan yang lain.

Jika pun terjadi kerugian yang dialami nasabah akibat adanya kecurangan tertentu, maka kemungkinan besar kekeliruan atau akar permasalahannya bisa terlacak.

"Kalau berhubungan dengan nasabah, saya yakin bisa dilacak. Jadi kemungkinan terjadinya fraud tanpa terlacak itu kecil sekali sebenarnya. Walaupun seperti itu kemungkinannya masih ada," ujar pendiri Sahabat Pensiun ini.

Baca juga: Deretan Tersangka dalam Kasus Pelarian Djoko Tjandra...

Untuk itu, Eko menjelaskan ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memastikan dana di bank aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X