Saat Rapid Test Antigen Disebutkan Gagal Mendeteksi Orang Tanpa Gejala Covid-19...

Kompas.com - 10/11/2020, 07:30 WIB
Ilustrasi tes Covid-19, tes antigen SHUTTERSTOCK/CryptographerIlustrasi tes Covid-19, tes antigen

KOMPAS.com - Penelitian mengenai Covid-19 terus dilakukan oleh para peneliti dari seluruh dunia. Salah satunya dilakukan di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat.

Dikutip The New York Times, 2 November 2020, Departemen Kesehatan Louisiana mengatakan dalam panduannya bahwa tes cepat atau rapid test antigen tidak disarankan untuk orang tanpa gejala yang belum pernah terpapar oleh pasien Covid-19 dan mereka yang menjalaninya harus diberitahu tentang batasannya.

Tes antigen seperti tes BinaxNOW dari Abbott Laboratories yang mencari tanda protein virus mungkin melewatkan beberapa infeksi seperti Covid-19. Rapid test itu dapat memberikan hasil positif secara tidak benar.

Baca juga: Survei Tunjukkan Banyak Orang Belum Paham OTG, Simak Penjelasannya...

Sebelumnya diketahui bahwa Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menghabiskan 750 juta dollar untuk membeli tes dari Abbott dan digunakan di Gedung Putih.

Penasihat senior di Dewan Epidemiologi Negara dan Teritorial Jeff Engel mengatakan pihaknya khawatir bahwa orang tanpa gejala harus diskrining dengan tes reaksi berantai polimerase yang lebih mahal tetapi lebih dapat diandalkan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS juga mengeluarkan peringatan tentang tes antigen, pada Selasa (3/11/2020), bahwa tes tersebut dapat menghasilkan hasil positif palsu atau salah.

Baca juga: Mengenal 9 Kandidat Vaksin Virus Corona

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X