Pesawat Pertama Pembawa Turis Israel Mendarat di Uni Emirat Arab

Kompas.com - 09/11/2020, 18:31 WIB
Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan murah flydubai tengah bersiap mendarat di bandara internasional Dubai. Bandara ini kini menjadi yang terbaik di dunia menggeser bandara Heathrow, London. KARIM SAHIB / AFPSebuah pesawat milik maskapai penerbangan murah flydubai tengah bersiap mendarat di bandara internasional Dubai. Bandara ini kini menjadi yang terbaik di dunia menggeser bandara Heathrow, London.

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, pesawat yang membawa turis asal Israel mendarat di Bandara Internasional DubaiUni Emirat Arab (UEA), pada Minggu (8/11/2020).

Hal ini bisa terjadi setelah kedua negara mencapai kesepakatan normalisasi hubungan antarnegara.

Para turis itu terbang menggunakan maskapai bertarif rendah, FlyDubai, dengan nomor penerbangan FZ8194.

Diberitakan Associated Press, Senin (8/11/2020), penerbangan dari Israel menuju kota tempat gedung tertinggi di dunia terletak itu memakan waktu selama hampir 3 jam.

Pesawat melintasi Arab Saudi, kemudian perairan Teluk Persia, baru sampai di UEA.

Sebelumnya, FlyDubai mengirimkan salah satu Boeing 737 miliknya ke Bandara Ben-Gurion di Tel Aviv, Israel, pada Minggu pagi, guna menjemput para penumpang Israel yang hendak ke UEA.

Baca juga: PM Israel, Teman Dekat Trump, Beri Ucapan Selamat kepada Biden

Dikutip dari Arab News, Senin (8/11/2020), dalam penerbangan itu terdapat orang-orang Yahudi dan Arab yang berasal dari Israel.

Orang-orang Yahudi Israel banyak yang mengenakan penutup kepala yang disebut sebagai kippah, sejenis kopiah kecil yang menutup bagian ujung kepala.

Meski ini merupakan penerbangan pertama dari Israel ke UEA, namun kebanyakan penumpang di dalam pesawat itu mengatakan ini bukan kali pertama berkunjung ke UEA.

"Tidak diragukan, normalisasi antara Israel dan UEA akan membawa hal-hal baik dan bermanfaat bagi orang Arab di dalam Israel. Tidak ada keraguan tentang itu,” kata Kepala Delegasi Pengusaha Arab, Hussein Suleiman, yang juga turut dalam penerbangan itu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X