[KLARIFIKASI] Video Pelemparan Telur kepada Macron Dikaitkan Isu Penghinaan Agama

Kompas.com - 09/11/2020, 14:32 WIB
Ilustrasi Klarifikasi KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoIlustrasi Klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang menayangkan aksi pelemparan telur ke kepala Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Video itu dikaitkan dengan komentar Macron baru-baru ini yang dinilai menghina umat Islam.

Narasi itu keliru.

Faktanya, aksi pelemparan telur ke arah Macron dalam video terjadi pada Februari 2017 dan tidak ada kaitannya dengan komentar Macron yang dinilai menyinggung umat Islam. 

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Dar Kepsek pada 4 November 2020 mengunggah video yang menampilkan Presiden Perancis Emmanuel Macron dilempari telur di muka umum.

Video YouTube berdurasi 1 menit 15 detik tersebut berjudul "Detik detik Presiden Prancis Emmanuel Macron dilempar telur (Macron egg shot in the head)". Video itu diunggah channel YouTube Ahmad Muktamar Badruddin pada 28 Oktober 2020.  

Akun Dar Kepsek mengaitkan video itu dengan narasi penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

Berikut isi lengkap statusnya:

"Mulai menerima...Dosanya Sendiri ..Tetapi masih belum juga Mau minta ma af....Imanuel Macron Presiden Prancis..Yang Membenarkan Majalah Penghinaan Nabi Muhamad...Malahan dia yg Menjadi terhina dilempari telur.di muka umum"

Tangkapan layar status Facebook dengan narasi pelemparan telur ke arah Presiden Perancis Emmanuel Macron dikaitkan dengan penghinaan terhadap Nabi Muhammad. Facebook Tangkapan layar status Facebook dengan narasi pelemparan telur ke arah Presiden Perancis Emmanuel Macron dikaitkan dengan penghinaan terhadap Nabi Muhammad.
Penelusuran Digital

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X