Status Gunung Merapi Level III, Siapkan Tas Siaga Bencana Seperti Ini...

Kompas.com - 08/11/2020, 20:02 WIB
Aktivitas guguran kecil material Gunung Merapi terlihat di Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/11/2020). Berdasarkan data laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) per enam jam pada pukul 06.00-12.00 WIB tercatat aktivitas kegempaan guguran sebanyak 10 dan amplitudo 6-30 mm dengan durasi 19,5-86,12 detik. ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROAktivitas guguran kecil material Gunung Merapi terlihat di Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/11/2020). Berdasarkan data laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) per enam jam pada pukul 06.00-12.00 WIB tercatat aktivitas kegempaan guguran sebanyak 10 dan amplitudo 6-30 mm dengan durasi 19,5-86,12 detik.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Status Gunung Merapi telah naik dari waspada (level II) menjadi siaga (level III) pada 5 November 2020 pukul 12.00 WIB.

Peningkatan status tersebut didasarkan pada aktivitas vulkanik saat ini, yang dapat berlanjut ke erupsi.

Masyarakat yang berada di daerah berbahaya telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Terkait dengan hal tersebut, setiap orang diimbau meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, termasuk mempersiapkan tas siaga bencana.

Tas siaga bencana menjadi satu hal penting, terutama bagi yang tinggal di daerah rawan bencana.

Melansir informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tas siaga bencana berisi paket perlengkapan kebutuhan dasar yang dipersiapkan sebelum terjadi bencana pada keadaan darurat selama 3x24 jam atau 3 hari pertama.

Baca juga: Merapi Siaga, Simak Antisipasi yang Sedang Disiapkan

Perlengkapan tersebut berguna memenuhi kebutuhan dasar individu/keluarga pada kondisi tak ada bantuan sama sekali atau bantuan belum tiba. Namun, jangan sampai tas ini berlebihan muatan.

Pastikan hanya memasukkan benda yang dibutuhkan saat darurat di tas siaga bencana. Apa saja?

1. Dokumen penting

Siapkan dokumen-dokumen penting seperti fotokopi kartu keluarga, tanda pengenal, polis asuransi, buku tabungan, buku nikah, ijazah, dan sertifikat berharga lainnya.

Masukkan dokumen penting tersebut dalam map atau plastik yang kedap air.

2. Emergency Blanket

Selimut berbahan metal film polyester efektif menahan air, angin, dan menjaga suhu normal tubuh.

Selain itu, tak akan memakan banyak tempat saat dalam kondisi terlipat.

Baca juga: Status Gunung Merapi Naik Jadi Siaga, Ini Pesan Juru Kunci...

3. Perlengkapan obat-obatan

Masukkan perlengkapan perawatan luka, obat-obatan umum (diare, batuk, sakit kepala, sakit lambung, demam), pengusir nyamuk, minyak kayu putih, obat gosok, dan obat-obatan lain yang biasa digunakan.

Jika menderita penyakit tertentu, jangan lupa menyertakan obat-obatan khusus dari dokter.

4. Pisau lipat

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X