Sampaikan Pidato Kemenangan, Kamala Harris Puji Joe Biden yang Berani Memilihnya

Kompas.com - 08/11/2020, 15:12 WIB
Calon wakil presiden dari Partai Demokrat Senator California, Kamala Harris berbicara selama acara debat wakil presiden pada Rabu, 7 Oktober 2020, di Kingsbury Hall di kampus Universitas Utah di Salt Lake City AS. AP/Justin SullivanCalon wakil presiden dari Partai Demokrat Senator California, Kamala Harris berbicara selama acara debat wakil presiden pada Rabu, 7 Oktober 2020, di Kingsbury Hall di kampus Universitas Utah di Salt Lake City AS.

KOMPAS.com - "Meskipun mungkin saya menjadi orang pertama di jabatan ini (Wakil Presiden Amerika Serikat), saya tidak akan menjadi yang terakhir-karena setiap gadis kecil yang menyaksikan pidato malam ini bisa melihat bahwa ini (AS) adalah negara tempat segala kemungkinan bisa terjadi."

Kalimat itu salah satu yang diucapkan Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat, Kamala Harris, saat menyampaikan pidato kemenangannya.

Perolehan sementara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden AS menunjukkan, Kamala bersama calon Presiden AS, Joe Biden, dipastikan memenangi kontestasi.

Pidato itu disampaikan Harris di Chase Center, Wilmington, Delaware, dan video pidatonya dibagikan melalui akun Twitter @KamalaHarris.

Dengan kemenangan ini, Kamala Harris menjadi wakil presiden perempuan pertema dalam sejarah AS. Ia juga menjadi warga keturunan Asia, dan orang kulit hitam pertama yang menduduki jabatan tertinggi kedua di Negara Adidaya itu.

Kamala merupakan seorang anak yang lahir dari pasangan ayah asal Jamaika dan ibu yang merupakan seorang India.

Baca juga: Ucapan Selamat Para Pemimpin Dunia untuk Joe Biden dan Kamala Harris

Pada Sabtu (7/11/2020) malam waktu AS, Kamala menyampaikan pidato di hadapan para pendukungnya, setelah mengetahui hasil dari penghitungan suara yang menunjukkan bahwa dirinya dan Joe mendapatkan suara elektoral yang cukup sehingga memenangi Pilpres 2020.

Puji Joe Biden

Dalam pidatonya, Harris memuji keberanian Joe Biden memilihnya sebagai wakil presiden.

"Dan betapa terbuktinya karakter Joe, ia memiliki keberanian untuk mendobrak salah satu penghalang paling substansial yang ada di negara kita dan memilih perempuan sebagai wakil presidennya," kata dia.

Menurut Kamala, hal ini adalah langkah besar Biden menerobos tembok batasan yang selama ini tidak pernah diambil oleh kandidat-kandidat sebelumnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X