Survei Tunjukkan Banyak Orang Belum Paham OTG, Simak Penjelasannya...

Kompas.com - 07/11/2020, 19:30 WIB
Pasien Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) tiba di U Stay hotel di Mangga Besar, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2020). Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Krisnadi mengatakan sebanyak 4.116 kamar dari 30 hotel di Jakarta siap untuk menampung pasien COVID-19 dengan kategori OTG. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPasien Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) tiba di U Stay hotel di Mangga Besar, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2020). Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta, Krisnadi mengatakan sebanyak 4.116 kamar dari 30 hotel di Jakarta siap untuk menampung pasien COVID-19 dengan kategori OTG.

KOMPAS.com - Sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga riset Nielsen dan organisasi PBB untuk anak (UNICEF) menunjukkan bahwa masih banyak orang yang belum memahami tentang konsep orang tanpa gejala ( OTG) pada Covid-19.

Survei ini melibatkan 2.000 responden dari enam kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Makassar, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Medan.

Mengutip Kompas.com, Jumat (6/11/2020), salah satu konsultan UNICEF Risang Rimbatmaja mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat masih menerapkan kebiasaan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) secara parsial.

Baca juga: Mayoritas Penularan Covid-19 dari Pasien OTG, Bagaimana Mencegahnya?

Adapun rendahnya implementasi menjaga jarak dipengaruhi oleh aspek norma sosial dan persepsi keliru terkait protokol ini termasuk mispersepsi terhadap konsep OTG.

Sementara itu, UNICEF Communications Development Specialist Ika Syafitri menjelaskan, konsep OTG perlu lebih ditekankan dalam komunikasi dengan masyarakat.

“Tidak mudah untuk mengubah perilaku masyarakat saat pandemi,” kata Ika.

Baca juga: Anies Larang OTG Covid-19 Isolasi Mandiri di Rumah, Benarkah Akan Menularkan ke Anggota Keluarga Lain?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X