Merapi Siaga, Simak Antisipasi yang Sedang Disiapkan

Kompas.com - 07/11/2020, 16:06 WIB
Kawah Gunung Merapi dilihat dari Kali Talang Klaten menggunakan lensa zoom. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKawah Gunung Merapi dilihat dari Kali Talang Klaten menggunakan lensa zoom.

KOMPAS.com - Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada ke Siaga (level III).

Adapun status Siaga dari Gunung Merapi ini ditetapkan pada Kamis (5/11/2020).

Berdasarkan evaluasi data pemantauan, disimpulkan aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke aktivitas yang membahayakan penduduk.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida.

"Sehubungan dengan hal tersebut maka status aktivitas Gunung Merapi ditingkatkan dari Waspada menjadi Siaga (level III)," ujar Hanik, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Merapi Naik Level ke Siaga, Ini Daerah yang Diperkirakan Rawan Bahaya

Lantas, seperti apa antisipasi yang tengah disiapkan?

Beberapa upaya

Upaya yang telah dilakukan adalah dengan mempersiapkan jalur evakuasi untuk warga, menetapkan titik kumpul evakuasi, melakukan gladi lapang terkait pelaksanaan evakuasi, dapur umum dan evakuasi ke desa penyangga.

Hal itu seperti diungkapkan dalam rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/11/2020).

Menurut laporan yang diterima Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tim BPBD Kabupaten Boyolali telah berfokus pada penanganan wilayah yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi, yakni Desa Jrakah, Desa Klakah dan Desa Tlogolele di Kecamatan Selo.

Baca juga: Erupsi Merapi dan Sejarah Letusannya...

Kemudian, BPBD Kabupaten Boyolali juga melakukan sosialisasi terkait implementasi Sister Village pada masa pandemi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X