Hari Ini dalam Sejarah: Barack Obama Jadi Presiden AS Kedua Kalinya

Kompas.com - 07/11/2020, 06:50 WIB
Presiden ke-44 AS Barack Obama melambaikan tangan saat naik ke atas helikopter yang akan membawanya meninggalkan Washington DC, Jumat (20/1/2017). JIM WATSON / AFPPresiden ke-44 AS Barack Obama melambaikan tangan saat naik ke atas helikopter yang akan membawanya meninggalkan Washington DC, Jumat (20/1/2017).

KOMPAS.com - Hari ini 8 tahun lalu, tepatnya 7 November 2012, Barack Hussein Obama terpilih sebagai presiden Amerika Serikat untuk kedua kalinya.

Dikutip BBC, 7 November 2012, Obama berhasil mengalahkan Mitt Romney dari Partai Republik. Obama mendapatkan 303 suara elektoral, sementara Romney 206 suara elektoral.

Obama menang meskipun masih ada ketidakpuasan terhadap ekonomi dan tantangan yang diperjuangkan oleh Romney.

Partai Demokrat juga mempertahankan mayoritas orang-orang mereka di Senat, yang mereka pegang sejak 2007.

Partai Republik tetap mengontrol Dewan Perwakilan Rakyat, yang menurut para analis kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak kemacetan yang menjadi ciri masa jabatan pertama Obama, dengan DPR dan presiden berselisih pada sebagian besar undang-undang.

Dalam pidato kemenangannya di hadapan para pendukungnya di Chicago, Obama mengatakan akan berbicara dengan Romney tentang, "di mana kita dapat bekerja sama untuk memajukan negara ini".

Obama juga mengucapkan selamat kepada Romney dan pasangannya dari Partai Republik, Paul Ryan.

Baca juga: Saat Joe Biden Pecahkan Rekor Suara Terbanyak, Salip Obama di Pilpres 2008...

Dikutip The Guardian, 7 November 2012, penghitungan suara populer yang didapat Obama adalah 56.234.742 suara, sementara itu Romney mendapatkan 54.791.207 suara.

Namun kemenangan mereka ditentukan suara elektoral, bukan suara populer.

Obama dinilai telah memenangkan suara di negara bagian utama Colorado, Iowa, Nevada, New Hampshire, Virginia, Wisconsin, dan Ohio.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X