Kompas.com - 06/11/2020, 18:15 WIB
Tahapan Status Gunung Merapi Beserta Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Masyarakat KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoTahapan Status Gunung Merapi Beserta Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Masyarakat

KOMPAS.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan status Gunung Merapi, per Kamis (5/11/2020), naik dari level II atau waspada menjadi level III atau siaga.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, aktivitas vulkanik saat ini dapat berlanjut ke erupsi yang dapat membahayakan penduduk.

Sehubungan dengan hal tersebut maka status aktivitas Gunung Merapi ditingkatkan dari waspada (level II) menjadi siaga (level III) berlaku mulai tanggal 5 November 2020 pukul 12.00 WIB. 

Aktivitas Gunung Merapi dapat dibedakan menjadi 4 level, yaitu normal atau level I, level II waspada, level III siaga dan level IV adalah awas. 

Dalam setiap levelnya, telah terdapat panduan hal-hal yang dapat dilakukan masyarakat di sekitar Gunung Merapi. Berikut di antaranya: 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tahapan Status Gunung Merapi Beserta Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Masyarakat


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X