Jadi Cawapres Amerika, Kamala Harris Menginspirasi Perempuan di India

Kompas.com - 06/11/2020, 14:40 WIB
Foto tertanggal 27 Agustus 2020 menampilkan Calon Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Kamala Harris, berpidato di Washington. AP/CAROLYN KASTERFoto tertanggal 27 Agustus 2020 menampilkan Calon Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Kamala Harris, berpidato di Washington.

KOMPAS.com - Calon wakil presiden Amerika Serikat, Kamala Harris yang mendampingi capres dari Partai Demokrat Joe Biden, diketahui memiliki darah campuran dari Asia, yakni India, meskipun ia lahir di California, Amerika Serikat.

Kamala lahir dari seorang ibu yang berasal dari India dan ayah yang berasal dari Jamaika. Kedua orang tuanya kemudian pindah ke AS untuk menuntut ilmu.

Kamala adalah perempuan kulit hitam dan orang keturunan India pertama yang diusung oleh partai besar untuk menduduki jabatan tingkat nasional di AS.

Kamala juga menjadi perempuan ke empat dalam sejarah yang mendapat kesempatan untuk maju dalam pencalonan presiden dan wakil presiden Negara Adidaya itu.

Oleh karena itu, banyak dukungan dan doa diberikan oleh masyarakat India untuk kemenangannya di Pilpres AS 2020, khususnya dari desa tempat kakek Kamala (dari ibu) tinggal, Thulasendrapuran.

Tidak hanya doa dan dukungan yang muncul di kalangan masyarakat India pasca pencalonannya menjadi orang nomor 2 di Negara Adidaya itu, tapi juga semangat dan inspirasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jika Kalah dalam Pilpres AS 2020, Bisakah Trump Kembali Maju di 2024?

Inspirasi perempuan desa

Melansir India Today (4/11/2020), sosok Kamala menjadi inspirasi tersendiri bagi warga India, khususnya kaum perempuan di desa tempat sang kakek lahir lebih dari seabad yang lalu.

Salah satu yang terinspirasi dari kiprah Kamala adalah Umadevi. Perempuan berusia 34 tahun itu sebelumnya terpilih menjadi anggota dewan desa tersebut pada Desember lalu.

Menurutnya, ia memiliki posisi yang sama dengan Kamala sebagai seorang politisi perempuan.

"Dia (Kamala) putri desa kami,” kata Umadevi.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.