[HOAKS] Video Diklaim Kisah Dokter yang Kekasihnya Positif Covid-19, Faktanya Drama TV di Meksiko

Kompas.com - 06/11/2020, 13:51 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar video dengan narasi kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter.

Narasi video tersebut tidak benar.

Dari penelusuran digital, video tersebut pernah beredar di YouTube pada 2018, dua tahun sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Video itu teridentifikasi merupakan adegan dari telenovela asal Meksiko berjudul Triumph of Love yang tayang pada 2010-2011.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun Facebook pada akhir Oktober 2020 meneruskan posting video dari akun Facebook Renlovchy Project.

Dua di antaranya Muhammad Ranjet dan Dwi Sari. Keduanya memuat video itu di status masing-masing pada pada 25 Oktober 2020. 

Video yang diunggah akun Facebook Renlovchy Project menampilkan adegan antara seorang pria dan seorang perempuan yang terhubung dengan selang infus.

Renlovchy Project menarasikan video yang diunggahnya pada 17 April 2020 itu sebagai kisah nyata yang terjadi di Italia antara seorang perempuan yang positif virus corona dan pacarnya seorang dokter.

Berikut isi lengkap statusnya:

"ini memang nyata terjadi di italia, si cewe nya positif corona dan pacarnya itu dokter, tpi nda tega lihat pasangan nya tersiksa dan mungkin saat terakhir cwo nya melepas pakaian dan memeluk nya ????????
#VideoBaper"

Tangkapan layar status Facebook berisi unggahan video yang menarasikan kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter. Facebook Tangkapan layar status Facebook berisi unggahan video yang menarasikan kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X