Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Video Diklaim Kisah Dokter yang Kekasihnya Positif Covid-19, Faktanya Drama TV di Meksiko

Kompas.com - 06/11/2020, 13:51 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar video dengan narasi kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter.

Narasi video tersebut tidak benar.

Dari penelusuran digital, video tersebut pernah beredar di YouTube pada 2018, dua tahun sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Video itu teridentifikasi merupakan adegan dari telenovela asal Meksiko berjudul Triumph of Love yang tayang pada 2010-2011.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun Facebook pada akhir Oktober 2020 meneruskan posting video dari akun Facebook Renlovchy Project.

Dua di antaranya Muhammad Ranjet dan Dwi Sari. Keduanya memuat video itu di status masing-masing pada pada 25 Oktober 2020. 

Video yang diunggah akun Facebook Renlovchy Project menampilkan adegan antara seorang pria dan seorang perempuan yang terhubung dengan selang infus.

Renlovchy Project menarasikan video yang diunggahnya pada 17 April 2020 itu sebagai kisah nyata yang terjadi di Italia antara seorang perempuan yang positif virus corona dan pacarnya seorang dokter.

Berikut isi lengkap statusnya:

"ini memang nyata terjadi di italia, si cewe nya positif corona dan pacarnya itu dokter, tpi nda tega lihat pasangan nya tersiksa dan mungkin saat terakhir cwo nya melepas pakaian dan memeluk nya ????????
#VideoBaper"

Tangkapan layar status Facebook berisi unggahan video yang menarasikan kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter. Facebook Tangkapan layar status Facebook berisi unggahan video yang menarasikan kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter.

Hingga Jumat (6/11/2020), video itu sudah mendapat 261 komentar dan telah dibagikan sebanyak 1.600 kali.  

Penelusuran

Potongan gambar video yang diunggah akun di atas dimasukkan ke dalam mesin pencari Google.

Muncul sejumlah hasil, salah satunya video YouTube berjudul "Historia De Max y Maria Desamparada 158" yang diunggah channel Yoly.

Video itu diunggah pada 4 Juli 2018. Dalam keterangan video disebutkan bahwa tayangan dalam video itu adalah telenovela milik Televisa.

Di video berdurasi 11 menit 11 detik itu terdapat tayangan yang mirip dengan tayangan pada video di Facebook dengan narasi kejadian nyata di Italia yang beredar di Facebook.

Dari hasil pencarian gambar terbalik yang dilakukan AFP Fact Check, rekaman tersebut menunjukkan adegan dari drama televisi Meksiko berjudul Triumph of Love. Drama tersebut ditayangkan sejak 2010 hingga 2011.

Adegan tersebut memperlihatkan karakter Maria Desamparada yang diperankan artis Maite Perroni dan kekasihnya Max Sandoval yang diperankan aktor William Levy.

Kesimpulan

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, video dengan narasi kejadian nyata di Italia antara seorang perempuan terinfeksi positif virus corona dan kekasihnya seorang dokter tidak benar. Video itu tayang jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com