Menurut Ahli, Eropa Mungkin Mengalami Beberapa Gelombang Covid-19

Kompas.com - 03/11/2020, 11:51 WIB
Tiga perempuan memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Madrid, Spanyol, pada Kamis, 8 Oktober 2020. AP Photo/Paul White via ABC IndonesiaTiga perempuan memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona di Madrid, Spanyol, pada Kamis, 8 Oktober 2020.

KOMPAS.com - Dewan Ilmiah Perancis memperingatkan, Eropa berisiko melihat gelombang virus corona lebih lanjut pada tahun depan.

Peringatan itu datang ketika Eropa sedang berjuang mengatasi lonjakan tajam kasus infeksi Covid-19 baru-baru ini.

Bahkan, jika penguncian parsial diberlakukan di seluruh Eropa untuk mengurangi tingkat infeksi, gelombang Covid-19 masih akan terjadi tanpa adanya vaksin.

Menurut Dewan itu, gelombang kedua Covid-19 di Eropa bisa mereda pada akhir Desember 2020 atau awal 2021.

"Itu tergantung pada virus itu sendiri, lingkungannya, tindakan yang akan diambil untuk membatasi peredaran virus, dan tingkat kepatuhan," kata Dewan itu dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Deretan Negara di Eropa yang Kembali Lakukan Lockdown

Akan tetapi, dengan belum tersedianya vaksin secara luas, pandemi virus corona ini kemungkinan besar masih akan terjadi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemungkinan tindakan (pembatasan) ini, tidak akan cukup untuk menghindari gelombang lain, meski dilakukan secara optimal," kata mereka.

"Dengan demikian, kami mungkin mengalami beberapa gelombang berturut-turut selama akhir musim dingin dan musim semi 2021," lanjutnya.

Pola cuaca, efektivitas kebijakan (testing dan tracing), ketatnya penguncian, semua akan berdampak pada waktu, intensitas, dan durasinya.

Strategi 

Badan penasihat mencermati beberapa kemungkinan strategi dalam menangani gelombang infeksi yang berurutan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X