H-2 Pemilu AS, Trump atau Biden yang Unggul dalam Jajak Pendapat?

Kompas.com - 02/11/2020, 19:02 WIB
Calon Presiden Partai Republik Presiden Petahana Donald Trump dan Calon Presiden Partai Demokrat mantan Wakil Presiden Joe Biden AFP/MORRY GASH and JIM WATSONCalon Presiden Partai Republik Presiden Petahana Donald Trump dan Calon Presiden Partai Demokrat mantan Wakil Presiden Joe Biden

KOMPAS.com - Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) akan digelar Selasa (3/11/2020) waktu setempat.

Dua kandidat yang bertarung adalah Donald Trump dari Partai Republik dan Joe Biden dari Partai Demokrat.

Menjelang hari pemilihan, sejumlah lembaga survei melakukan jajak pendapat untuk mengetahui calon presiden AS yang dipilih warga.

Hasilnya, Biden mengungguli Trump dalam sebagian besar jajak pendapat nasional yang dilakukan sejak awal tahun ini.

Perolehan Biden melambung sekitar 50 persen dalam beberapa bulan terakhir dan telah mempimpin 10 poin dalam beberapa kesempatan.

Dilansir dari BBC, Senin (2/11/2020), Biden unggul 52 persen dari Trump yang memperoleh 43 persen.

Baca juga: Pilpres AS 2020, Ini Daftar Negara Bagian Unggulan Trump dan Joe Biden

Negara bagian mana yang menentukan?

Dalam sistem electoral college yang digunakan AS untuk memilih presidennya, setiap negara bagian diberikan sejumlah suara berdasarkan jumlah anggota yang dikirimnya ke Kongres-Gedung Putih dan Senat.

Artinya, ada beberapa negara bagian yang berpeluang memenangkan kedua kandidat. Negara-negara bagian ini dikenal sebagai 'medan pertempuran'.

Pengalaman Pemilu 2016 AS menunjukkan, jumlah suara yang dimenangkan tak begitu penting, dibandingkan dengan tempat kemenangan.

Saat itu, Hillary Clinton memenangkan hampir tiga juta suara lebih banyak daripada Trump, tetapi kalah karena sistem electoral college ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X