Jangan Drama, Tiap Angkatan Punya Medan Juang dan Pahlawannya Sendiri

Kompas.com - 02/11/2020, 10:00 WIB
Foto karya fotografer Kompas.com, Garry Andrew Lotulung yang viral di media sosial dan aplikasi pesan percakapan, mengabadikan momen seorang pemuda yang diketahui berinisial LA saat aksi pelajar di belakang Gedung DPR/MPR, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (25/9/2019) lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGFoto karya fotografer Kompas.com, Garry Andrew Lotulung yang viral di media sosial dan aplikasi pesan percakapan, mengabadikan momen seorang pemuda yang diketahui berinisial LA saat aksi pelajar di belakang Gedung DPR/MPR, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (25/9/2019) lalu.

KOMPAS.com - Hai, apa kabar? Semoga kabarmu baik karena anugerah kesehatan dan kesejahteraan yang memungkinkan kebaikan itu kita syukuri.

Bagaimana libur panjang yang merupakan perpaduan cuti bersama, libur karena Maulid Nabi Muhammad SAW dan akhir pekan lalu?

Semoga libur panjangmu di akhir Oktober lalu tetap menyenangkan meskipun libur atau kerja makin tidak ada beda karena situasi pandemi ini.

Hormat saya untuk kamu yang tetap di rumah saja meski libur panjang.

Hormat yang sama juga untuk kamu yang melakukan sejumlah aktivitas di luar rumah saat libur panjang dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan karena kesadaran. 

Oya, November sudah kita masuki dengan ciri khas yang kita lama kenali yaitu hujan.

Bagi generasi saya, November mengingatkan dua hal yaitu lagu "November Rain" dari Gun's N Roses yang fenomenal bagi generasi 90-an dan Hari Pahlawan.

Baca juga: Pahlawan Tak Dikenal

"November Rain" ditulis Axl Rose, vokalis Gun's N Roses dan dirilis sebagai single tahun 1992 dari album ketiga grup rock asal Amerika Serikat ini, Use Your Illusion I (1991).

Lagu ini fenomenal dan jadi ingatan generasi untuk dua hal.

Pertama, durasi lagu ini yaitu 8 menit 57 detik dan ada di urutan tiga tangga lagu Billboard Hot 100. Lagu ini menjadi lagu terpanjang dalam sejarah yang masuk sepuluh terbaik di tangga lagu itu.

Kedua, fenomena single ini diikuti videonya. Video yang diinginkan dan dibintangi Axl Rose ini melekat secara visual di benak generasi 90-an.

Berbiaya sekitar 1,5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 21,8 miliar, video garapan Andy Morahan (1992) ini menjadi video paling epik dan paling mahal yang pernah dibuat dalam sejarah musik.

Di Youtube, video berdurasi 9 menit 14 detik ini sudah ditonton 1,4 miliar kali.

Sebelum era Youtube mengambil alih dan menelan semua produksi video, generasi saya alias "generasi anak nongkrong" menyaksikan video ini karena dipilihkan oleh MTV.

Guns N Roses beraksi pada konsernya yang bertajuk Not In This Lifetime di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (8/11/2018). Pada konser tersebut Guns N Roses membawakan sejumlah lagu andalannya diantaranya Welcome to The Jungle, Sweet Child O Mine dan lain-lain.KOMPAS.com/ ANDREAS LUKAS ALTOBELI Guns N Roses beraksi pada konsernya yang bertajuk Not In This Lifetime di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (8/11/2018). Pada konser tersebut Guns N Roses membawakan sejumlah lagu andalannya diantaranya Welcome to The Jungle, Sweet Child O Mine dan lain-lain.
Jangan heran jika sepanjang November, lagu ini akan terdengar di banyak tempat utamanya jika kita menyalakan radio saat berkendara. Selain menjadi tanda November, mengenang sesuatu yang menyenangkan bisa jadi penambah semangat dan mood booster juga.

Ingatan kedua saya soal November adalah Hari Pahlawan yang merupakan peringatan akan Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X