Kompas.com - 01/11/2020, 14:30 WIB
Ilustrasi daging Shutterstock/margouillat photoIlustrasi daging

KOMPAS.com - Manusia memang ditakdirkan untuk bisa mengonsumsi beragam bahan makanan, baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan maupun produk hewani.

Namun, kelompok orang tertentu memutuskan menghindari makanan dan minuman yang mengandung bahan yang datang dari produk-produk hewani, misalnya susu sapi, telur, daging, dan sebagainya.

Mereka ialah kelompok vegan atau orang-orang yang hanya memakan makanan dari tumbuh-tumbuhan.

Diberitakan Reuters, Sabtu (31/10/2020), sebuah toko daging vegan pertama di Inggris dibuka pada Minggu (1/11/2020), bertepatan dengan Hari Vegan Sedunia.

Toko tak biasa itu bernama Rudy's Vegan Butcher yang buka di sisi utara Kota London.

Baca juga: 11 Cara Hentikan Godaan Makanan Tidak Sehat Saat Diet

Pertanyaannya, bagaimana daging vegan yang dimaksud aman dikonsumsi teman-teman yang menjalankan pola hidup bebas dari bahan makanan hewani ini, sementara sumber daging yang kita ketahui adalah dari hewan itu sendiri.

Berbeda dengan susu yang tidak harus berasal dari hewan, bisa juga dari biji-bijian, seperti susu kedelai dan sebagainya.

Pertanyaan itu kini terjawab sudah, rupanya daging vegan yang dimaksud adalah "daging" yang dibuat dari bahan-bahan non-hewani, mulai dari kedelai hingga seitan, atau bahan yang terbuat dari gluten gandum.

Dengan begitu, produk-produk yang dipajang akan terlihat dan terasa kurang lebih sama dengan daging yang berasal dari hewan.

Padahal produk-produk itu sama sekali tidak menggunakan bahan hewani.

Baca juga: Diet Vegan Bikin Kulit Lebih Sehat

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X