Waspadai Munculnya Penyakit Akibat Kelelahan Usai Libur Panjang, Apa Itu?

Kompas.com - 31/10/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi liburan SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan

KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan tanggal 28 dan 30 Oktober ditetapkan sebagai cuti bersama. Keputusan cuti itu berkenaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober 2020.

Sementara, tanggal 31 Oktober dan 1 November merupakan hari Sabtu dan Minggu.

Kondisi tersebut pun mengakibatkan adanya libur panjang selama lima hari, yakni mulai 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Meski begitu, bagi masyarakat yang berlibur panjang perlu mewaspadai penyakit yang muncul karena kelelahan.

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam, mengungkapkan ada kelompok penyakit yang akan terjadi di masa liburan panjang ini, termasuk penyakit akibat kelelahan dan kekambuhan penyakit kronis.

Menurutnya, kondisi kelelahan dan kambuhnya penyakit kronis akan membawa risiko kerentanan tertular virus corona.

Baca juga: Update Covid-19 di Dunia: 10 Bulan 45,8 Juta Orang Terinfeksi Corona

Ari menjelaskan, penyakit yang biasanya terjadi tak lama setelah liburan atau setelah seseorang menjalankan perjalanan yang melelahkan adalah penyakit infeksi pernafasan atas dan diare.

"Sebagaimana kita ketahui untuk sampai di tempat liburan seseorang harus melakukan perjalanan yang melelahkan, baik dengan kendaraan sendiri atau pun dengan kendaraan umum, baik bus atau kereta api," ujar Ari saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Ia menambahkan, ketika menempuh perjalanan, masyarakat cenderung mengonsumsi makanan yang seadanya.

Tindakan ini dilakukan lantaran masyarakat berpikir kembali apabila makan dan minum di restoran yang penuh pengunjung.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X