Virus Corona di Inggris Menyebar Lebih Cepat dari Skenario Terburuk Pemerintah

Kompas.com - 31/10/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi ilmuwan mempelajari infeksi Covid-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2, jenis virus corona baru yang menyebabkan pandemi global. Ilmuwan Inggris akan menginfeksi orang sehat dengan virus corona untuk mempelajari infeksi Covid-19. SHUTTERSTOCK/Blue Planet StudioIlustrasi ilmuwan mempelajari infeksi Covid-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2, jenis virus corona baru yang menyebabkan pandemi global. Ilmuwan Inggris akan menginfeksi orang sehat dengan virus corona untuk mempelajari infeksi Covid-19.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Virus corona menyebar secara signifikan di seluruh Inggris. Penyebaran Covid-19 di negara ini lebih cepat dibandingkan skenario terburuk yang diprediksi pemerintah.

Diwartakan BBC, 31 Oktober 2020, Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat (Sage) mengatakan, terdapat sekitar empat kali lebih banyak orang tertular virus daripada yang diantisipasi.

Pejabat dan NHS membuat sebuah skenario untuk merencanakan bulan-bulan mendatang.

Baca juga: Beberapa Catatan soal Resesi Inggris...

Skenario tersebut memperkirakan adanya 85.000 kematian akibat virus corona selama musim dingin.

Namun, dokumen resmi Sage, tertanggal 14 Oktober 2020 yang diterbitkan pada Jumat (30/10/2020), mengungkapkan bahwa Inggris berada dalam posisi yang lebih buruk dari yang diharapkan.

Para ilmuwan memperkirakan, terdapat antara 43.000-74.000 orang terinfeksi Covid-19 setiap harinya di Inggris pada pertengahan Oktober.

"Ini jauh di atas skenario kasus terburuk di Inggris, yang jumlah infeksi harian tetap antara 12.000-13.000 sepanjang Oktober," tulis para ilmuwan.

Baca juga: Inggris Tetapkan 3 Aturan Sistem Baru Lockdown, Ini Rinciannya

Apakah menuju penguncian?

Mengelola penyebaran virus selama musim dingin diakui sulit.

Para ilmuwan yang menasihati pemerintah telah memperdebatkan penguncian singkat yang direncanakan sejak 21 September 2020. Jumlah kasus telah berubah secara dramatis sejak saat itu.

Ada secercah harapan dengan kasus-kasus yang tampaknya mendatar di timur laut Inggris dan angka R, kisaran angka rata-rata orang yang menularkan virus, menurun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X