Jika Tak Lolos, Adakah Batasan untuk Mencoba Seleksi CPNS?

Kompas.com - 30/10/2020, 19:30 WIB
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

KOMPAS.com - Pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 diumumkan pada Jumat (30/10/2020).

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, mengatakan pengumuman kelulusan dapat dilihat di laman masing-masing instansi yang dilamar peserta.

Bagi peserta yang lolos seleksi CPNS 2019, ada beragam tahap lanjutan yang harus dilakukan, mulai dari pemberkasan hingga penetapan nomor induk pegawai (NIP).

Sementara, bagi peserta yang tidak lolos seleksi CPNS 2019 tidak perlu berkecil hati, sebab bisa mengikuti seleksi CPNS berikutnya.

Baca juga: Di Mana Pengumuman Hasil Seleksi CPNS 2019 Bisa Dilihat?

Batasan seleksi

Paryono mengatakan mendaftar seleksi CPNS tidak dibatasi berapa kali, tetapi dibatasi usia pada syarat pendaftaran.

"Maksimal usia sampai pada bulan tertentu pada tahun tersebut 35 tahun dan itu ada di pengumuman pendaftaran," kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/10/2020).

Dikutip dari laman SSCN BKN, batas usia pelamar CPNS tahun 2019 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Sementara untuk pelamar yang melamar jabatan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan strata 3 (doktor), batasan usia maksimal adalah 40 tahun.

Ketentuan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019.

Baca juga: Bersiap Pengumuman CPNS, Ini Cara Buat SKCK Secara Online!

Seleksi CPNS 2021

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (24/10/2020), pemerintah berencana membuka seleksi CPNS pada 2021.

Halaman:

Sumber Kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X