[HOAKS] Imbauan BRI untuk Penerima Bantuan BPUM

Kompas.com - 30/10/2020, 19:12 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial tersiar imbauan mengatasnamakan Bank BRI soal Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Imbauan itu menyebut, akan ada tim survei turun ke lapangan untuk mengecek penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Bila ada penerima BPUM yang ketahuan tidak memiliki dagangan, bantuan BPUM yang didapatnya akan masuk ke dalam pinjaman.

Corporate Secretary Bank BRI Aestika Oryza menegaskan, Bank BRI tidak pernah mengeluarkan pengumuman resmi seperti informasi di media sosial tersebut.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Sunanto pada Jumat (30/10/2020) menulis status berisi imbauan dari Bank BRI. Imbauan tersebut mengingatkan penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta untuk berhati-hati.

Sebab, tim survei akan diturunkan ke lapangan untuk mengecek penerima BPUM. Bila didapati penerima BPUM tidak memiliki usaha atau dagangan, maka nilai bantuan BPUM akan dimasukkan ke dalam pinjaman. Berikut isi lengkap statusnya:

"Himbauan dari bank BRI
Buat yang dapat bantuan BPUM sebesar Rp2,4 juta tapi diketahui tidak memiliki usaha atau tidak memiliki dagangan maka hati-hati.
Suatu saat nanti akan ada tim survei yang akan turun kelapangan dan jika ada penerima bantuan tersebut diketahui tidak memiliki dagangan tapi mendapatkan bantuan BPUM ini maka bantuan tersebut akan masuk kedalam pinjaman yang harus dikembalikan.
Kecuali jika benar memiliki usaha atau dagangan maka BPUM ini mutlak bantuan bukan pinjaman.
ttd
Bank BRI"

Status Facebook soal imbauan dari BRI mengenai tim survei yang akan turun ke lapangan mengecek penerima BPUM.Facebook Status Facebook soal imbauan dari BRI mengenai tim survei yang akan turun ke lapangan mengecek penerima BPUM.

Bantahan BRI

Informasi dari akun di atas dikonfirmasi ke Corporate Secretary Bank BRI Aestika Oryza Gunarto.

Aestika menegaskan bahwa pihaknya tidak mengeluarkan pengumuman tersebut.

"Bank BRI tidak pernah mengeluarkan pengumuman resmi seperti tersebut di atas," katanya kepada Kompas.com, Jumat (30/10/2020).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X