[HOAKS] Video Sapi Hanyut Saat Banjir di Kota Bekasi 25 Oktober 2020

Kompas.com - 29/10/2020, 12:30 WIB
Hoaks/Hoax ThinkstockHoaks/Hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah video menayangkan sapi-sapi hanyut di air meluap yang diklaim peristiwa banjir di Kota Bekasi pada 25 Oktober 2020 beredar di media sosial.

BPBD Kota Bekasi menegaskan, video tersebut tidak terjadi di Kota Bekasi.

Sementara, dari hasil penelusuran digital didapati bahwa video tersebut pernah beredar pada Agustus 2020 di Uganda dan September di India.

Maka, video sapi hanyut yang diklaim merupakan rekaman banjir di Bekasi pada 25 Oktober 2020 itu tidak benar.

Narasi yang Beredar

Akun Twitter @FirzaHusain pada Selasa (27/10/2020) mengunggah sebuah video berdurasi 30 detik yang diklaimnya merupakan rekaman peristiwa banjir di Kota Bekasi pada 25 Oktober 2020.

Dia menulis twit sebagai berikut:

"Banjir kali Bekasi 25 Oktober 2020, sapi2nya pada hanyut ????????????"

Video berdurasi 30 detik yang diunggahnya menampilkan sejumlah sapi hanyut di luapan air. Kepala-kepala sapi bermunculan di permukaan air kecoklatan, terbawa air luapan yang cukup deras.

Di Facebook, akun Zacky Putra Tualang pada Selasa (27/10/2020), menulis status mengenai Bekasi siaga banjir. Statusnya memuat sebuah tautan video YouTube.

Video YouTube berjudul "banjir menghanyutkan ribuan sapi" berdurasi 30 detik itu dirilis channel Tina Tuuun pada Senin (26/10/2020) .

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X