WHO Peringatkan Vaksin Covid-19 yang Aman dan Efektif Masih Butuh Waktu

Kompas.com - 29/10/2020, 11:27 WIB
Ilustrasi vaksin (Dok kominfo) Ilustrasi vaksin

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa vaksin Covid-19 masih membutuhkan waktu sebelum tersedia secara luas.

Peringatan WHO ini disampaikan di tengah kabar baik dari para pengembang yang tengah berupaya memberikan vaksin yang aman dan efektif.

Pernyataan WHO muncul setelah AstraZeneca menyebutkan kandidat vaksin virus corona yang tengah diuji menghasilkan respons kekebalan pada orang dewasa dan orang tua.

AstraZeneca yang bekerja sama dengan Universitas Oxford, mengatakan, efek negatif di kalangan orang tua ditemukan lebih rendah.

Baca juga: Uji Coba Vaksin Corona Oxford Diklaim Picu Kekebalan Kuat pada Orang Tua

Temuan ini meningkatkan harapan bahwa vaksin potensial dapat dikembangkan sebelum akhir tahun dan berpotensi membantu mengakhiri pandemi virus corona yang telah merenggut lebih dari 1,16 juta jiwa di dunia.

"Sistem kekebalan pada orang tua kurang kuat dalam menanggapi Covid-19. Kami berharap vaksin virus corona di masa mendatang akan aman dan efektif, termasuk pada kelompok populasi berisiko tinggi dengan tingkat kematian yang tinggi," ujar demikian juru bicara WHO seperti dikutip dari CNBC International, 28 Oktober 2020.

WHO mengaku belum melihat data yang dipublikasikan tentang kemanjuran kandidat vaksin pada orang tua.

Namun, informasi tentang hal ini dinilai menggembirakan.

Baca juga: Perusahaan di Australia Akan Buat Vaksin Covid-19 Non-Protein

Sementara itu, Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan, selain orang-orang dari segala usia dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, Covid-19 dinilai berdampak serius pada orang tua daripada yang lain.

"Mendokumentasikan keamanan dan kemanjuran vaksin yang akan tersedia secara luas sangat penting. Data lengkap dan tindakan lanjut untuk mengumpulkan bukti diperlukan membuat keputusan yang tepat," ujar demikian WHO.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X