Gelombang Dua Covid-19, Perancis Umumkan Pembatasan Baru hingga 1 Desember 2020

Kompas.com - 29/10/2020, 07:33 WIB
Ilustrasi virus corona di Paris, Perancis. Shutterstock/Maria VonotnaIlustrasi virus corona di Paris, Perancis.

KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Rabu (29/10/2020) mengumumkan penguncian baru akibat virus corona setidaknya hingga 1 Desember 2020.

Keputusan itu muncul di tengah kekhawatiran rumah sakit akan melonjaknya pasien virus corona dalam beberapa hari ke depan.

"Virus itu menyebar ke seluruh Perancis dengan cepat, bahkan orang yang paling pesimis pun tak dapat memprediksinya," kata Macron dalam pidatonya di televisi, dilansir dari AFP, Rabu (29/10/2020).

Menurut dia, pemberlakuan jam malam di Paris dan beberapa kota besar lainnya selama dua minggu ini gagal menghentikan laju penularan Covid-19.

"Seperti tempat lain di Eropa, kami kewalahan oleh gelombang kedua yang mungkin akan lebih sulit dan mematikan daripada gelombang pertama," kata dia.

"Jika kami tidak melakukan apa-apa, dalam beberapa bulan kami akan memiliki setidaknya 400.000 kematian tambahan," lanjut Macron.

Lebih dari 3.000 pasien harus mendapatkan perawatan intensif membuat rumah sakit kebingungan dalam mengatur tempat tidur.

Macron menyebutkan, hampir 9.000 pasien akan berada dalam perawatan intensif pada pertengahan November 2020 meski sejumlah langkah telah diambil.

Badan kesehatan Sante Publique France pada Rabu melaporkan 244 kematian baru akibat Covdi-19 selama 24 jam terakhir dan lebih dari 36.000 kasus infeksi baru.

Baca juga: Update Corona Dunia 26 Oktober: 43,3 Juta Orang Terinfeksi | 52.010 Kasus Baru di Perancis

Kegiatan ekonomi

Presiden Perancis Emmanuel MacronWashington Post Presiden Perancis Emmanuel Macron
Mulai Kamis (30/10/2020) malam, bar, restoran, dan bisnis yang tidak penting terpaksa akan ditutup.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X