Media Asing Ikut Soroti Proyek Jurassic Park di Taman Nasional Komodo

Kompas.com - 28/10/2020, 09:40 WIB
Tangkapan layar berita Jurassic Park komodo di laman media asing CNN screenshootTangkapan layar berita Jurassic Park komodo di laman media asing CNN

 

KOMPAS.com - Pembangunan " Jurassic Park" di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi sorotan publik. Tidak hanya publik dalam negeri, namun juga menjadi pemberitaan media luar negeri. 

Sejumlah kantor berita dan media asing menyoroti gambar seekor komodo yang digambarkan sedang menghadang laju truk untuk proyek pembangunan Jurassic Park tersebut. 

Reuters

Kantor berita Reuters menurunkan berita terkait Jurassic Park di Taman Nasional Pulau Komodo pada Selasa (27/10/2020), dengan judul Indonesia says 'Jurassic Park' project no threat to Komodo dragon.

Mengutip sumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), disebutkan proyek Jurassic Park tidak akan mengancam kehidupan komodo.

Dituliskan juga KLHK RI berusaha mengklarifikasi dan meredakan kemarahan publik atas pembangunan proyek Jurassic Park, setelah sebuah gambar menjadi viral di media sosial tentang seekor komodo yang berhadapan dengan truk besar.

Baca juga: Ramai Dibicarakan, Pulau Mana Saja yang Dihuni Komodo?

Wiratno, seorang pejabat senior kementerian lingkungan, mengatakan, penjaga akan memastikan keamanan komodo yang berkeliaran saat proyek mulai dijalankan.

"Mereka akan intensif melakukan pengecekan apakah komodo ada di bawah bangunan, sisa-sisa bangunan, dan di bawah truk pengangkut material," ujarnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dalam sebuah pernyataan pada Senin (26/10/2020), juga memastikan keamanan komodo.

Tetapi para pencinta lingkungan mengatakan pembangunan harus dihentikan.

"Komodo perlu menjadi prioritas utama. Mereka perlu dilindungi di kawasan yang ditentukan," kata Umbu Wulang Tanaamahu Paranggi, direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) di Nusa Tenggara Timur.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X