Analisis BMKG tentang Gempa Magnitudo 5,3 di Mamuju, Sulawesi Barat

Kompas.com - 28/10/2020, 09:06 WIB
Tangkapan layar peta BMKG menunjukkan adanya gempa di Mamuju Tengah pada Rabu, (28/10/2020) pukul 02.43 WIB. BMKGTangkapan layar peta BMKG menunjukkan adanya gempa di Mamuju Tengah pada Rabu, (28/10/2020) pukul 02.43 WIB.

KOMPAS.com - Gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang kabupaten Mamuju Tengah pada Rabu (28/10/2020) pukul 02.43 WIB.

Informasi terkait adanya gempa disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) melalui akun resmi Twitter, @infoBMKG.

Dalam unggahan tersebut, dijelaskan bahwa gempa bumi terletak pada koordinat 2.24 LS dan 119.22 BT, atau tepatnya berlokasi di 24 km arah barat caya kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Analisis BMKG

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyampaikan, gempa yang terjadi di Mamuju akibat adanya aktivitas sesar naik Mamuju.

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik Mamuju ( mamuju Thrust)," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Pihaknya menjelaskan, Mamuju trust merupakan sumber gempa potensial yang patut diwaspadai di Mamuju.

Hal itu karena memiliki magnitudo tertarget 7,0 dengan laju geser 0,2 mm/tahun.

Selain itu, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust-fault).

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,3 Guncang Mamuju Tengah, Picu Kerusakan

Dampak gempa

Terkait guncangan gempa, Daryono mengatakan bahwa guncangan gempa ini dirasakan warga di Mamuju Tengah dengan intensitas IV-V MMI, Mamuju dengan intensitas III-IV MMI, Mamasa dan Majene dengan intensitas II-III MMI.

Adapun intensitas II MMI artinya gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X