Menpan-RB: Jangan Kunjungi Zona Merah, Ini Update Zona Covid-19

Kompas.com - 28/10/2020, 07:48 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Libur panjang cuti bersama dimulai Rabu (28/10/2020) ini hingga Jumat (30/10/2020).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo berpesan kepada aparatur sipil negara agar tidak mengunjungi daerah yang masih berstatus zona merah.

"Bagi daerah yang masih zona merah, saya kira jangan dikunjungi," kata Tjahjo, dikutip dari Antaranews, Senin (26/10/2020).

Pihaknya juga sudah mengeluarkan sejumlah surat edaran (SE) terkait pembatasan bepergian ke luar daerah atau mudik selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Sebelum Berlibur, Perhatikan Daftar Zona Hijau dan Zona Merah Corona Ini

Lalu, mana saja daerah yang berstatus zona merah di Indonesia?

Zona merah

Jumlah zona merah atau daerah berisiko tinggi penularan Covid-19 di Indonesia minggu ini menurun dibanding minggu lalu.

Dikutip Peta Risiko di laman https://covid19.go.id/peta-risiko, berdasarkan data per 25 Oktober 2020 yang diperbarui pada Selasa (27/10/2020), terdapat 20 daerah zona merah di Indonesia.

Sementara pada pekan sebelumnya masih ada 32 daerah zona merah.

Di sisi lain, jumlah daerah zona hijau pekan ini juga menurun, yaitu 19 daerah, dari jumlah pekan lalu sebanyak 25 daerah.

Dalam laman tersebut, daerah-daerah di Indonesia terbagi menjadi zona merah (risiko tinggi), oranye (risiko sedang), kuning (risiko rendah), dan hijau (tak ada kasus/tak terdampak).

Baca juga: 32 Daerah di Indonesia Berstatus Zona Merah Covid-19, Mana Saja?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X