Melihat Proses Pembasmian Sarang Tawon Pembunuh Pertama di AS

Kompas.com - 26/10/2020, 15:36 WIB
Ilustrasi lebah besar Asia. ShutterstockIlustrasi lebah besar Asia.

KOMPAS.com - Pekerja Departemen Pertanian Washington, Amerika Serikat yang mengenakan pakaian pelindung telah membasmi sarang pertama tawon pembunuh raksasa.

Para petugas menyedot tawon itu dari pohon yang ada di negara bagian Washington.

Ahli Entomologi Departemen Pertanian Negara Bagian Washington (WSDA) pertama kali menemukan sarang  tawon raksasa Asia itu pada Kamis (22/10/2020) di sebuah properti di Blaine, dekat perbatasan dengan Kanada.

Dikutip dari AFP, Minggu (25/10/2020), mereka menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk mencari sarang, menjebak, dan melacak tawon tersebut.

Dalam prosesnya, pekerja menggunakan benang gigi untuk mengikat pelacak radio kecil pada tawon tersebut.

Pada Sabtu (24/10/2020) sebelum matahari terbit, tim pekerja yang mengenakan pelindung lengkap menyedot serangga dari sarang mereka di rongga pohon mati.

"Beberapa tawon raksasa Asia disedot dari rongga pohon dekar Blaine pagi ini," tulis Departemen Pertanian melalui akun Twitter-nya.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Lebah dan Tawon Berikut Ini

Pertama terdeteksi Desember 2019

Disebutkan juga bahwa pemindahan sarang yang berisi sekitar 200 tawon itu tampaknya berhasil dan akan dilaporkan secara rinci pada konferensi pers hari ini, Senin (26/10/2020).

Para ilmuwan di Washington secara aktif mencari tawon raksasa Asia sejak terdeteksi pertama kali pada Desember 2019 dan berhasil menangkap salah satunya pada Juli 2020.

Kanada juga menemukan tawon raksasa Asia di dua lokasi berbeda di British Colombia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X