Jarang Minum Susu, Bisakah Mengalami "Lactose Intolerant"?

Kompas.com - 26/10/2020, 12:10 WIB
Ilustrasi minum susu Shutterstock/Dean DrobotIlustrasi minum susu

KOMPAS.com - Apakah Anda penyuka susu? Atau bahkan, tak menyukainya sama sekali?

Susu selama ini dijadikan salah satu sumber protein, baik hewani maupun nabati.

Tahukah Anda, ada suatu kondisi di mana seseorang tidak bisa minum susu sapi setelah terjeda lama tidak mengonsumsi susu.

Di media sosial Twitter, salah satu pengguna membagikan kisahnya yang menyebutkan bahwa ia kemungkinan mengalami lactose intolerant atau intoleransi laktosa karena lama tak mengonsumsi susu. 

Twit ini pun mengundang berbagai komentar karena banyak yang belum mengetahui intoleransi laktosa dan kaitannya dengan minum susu.

Baca juga: Jangan Biasakan Anak Minum Susu di Botol hingga Tertidur, Mengapa?

Apa itu lactose intolerant?

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi SpGK mengatakan, lactose intolerant atau intoleransi laktosa merupakan kondisi ketidakmampuan saluran cerna untuk mendisgesti gula (karbohidrat) susu atau laktosa karena adanya defisiensi enzim laktosa.

Menurut dia, seseorang yang sebelumnya rutin mengonsumsi susu maka ada kemampuan enzim laktosa yang bekerja.

Kemampuan ini dapat hilang jika orang tersebut tidak mengonsumsi susu dalam jangka waktu lama.

"Kalau dulu dia waktu masih kecil minum susu, itu kan berarti enzimnya tetap ada. Tapo pada orang yang sudah lama tidak minum susu, itu kemampuannya menghilang," ujar Inge saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Jika kemampuan enzim menghilang, lanjut Inge, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X