Jika Terjadi Puting Beliung, Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri?

Kompas.com - 26/10/2020, 11:36 WIB
 Angin puting beliung menerjang kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/10/2020). Dokumen BPBD Kabupaten Bekasi Angin puting beliung menerjang kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/10/2020).

KOMPAS.com - Angin puting beliung merupakan salah satu fenomena alam yang kerap merugikan manusia karena daya merusaknya.

Angin yang membentuk pusaran memanjang dan bergerak tanpa arah itu bisa menghancurkan dan menerbangkan apa saja yang dilewatinya, termasuk pemukiman warga, pohon-pohon besar, juga kendaraan yang ada area terbuka.

Sebuah video menayangkan rekaman kejadian angin puting beliung menerjang Kota Bekasi, Jawa Barat, diunggah akun Instagram, @jktinfo, pada Jumat (23/10/2020).

Dalam video berdurasi 14 detik tersebut, terlihat ada sejumlah laki-laki yang berada di luar ruangan dan mencoba menahan gerobak mereka agar tidak terbang tersapu angin kencang.

Usaha mereka akhirnya sia-sia, karena angin menggulingkan gerobak dan menerbangkan benda yang ada di sekitarnya.

Beberapa orang ini pun akhirnya lari meninggalkan tempat tersebut, karena angin puting beliung bertiup kencang.

Baca juga: Pemkot Bekasi Siapkan Tenda Pengungsian bagi Warga yang Terdampak Puting Beliung

Dalam Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB), dijelaskan bencana puting beliung kerap terjadi di saat peralihan musim.

Puting beliung muncul sebagai bagian dari proses pertumbuhan awan hujan yang terbentuk akibat terjadinya pemanasan yang intensif.

Kedatangan puting beliung sulit diprediksi, karena merupakan fenomena atmosfer dengan skala lokal.

Lalu, untuk menyelamatkan diri dari amukan angin ini, apa yang harus kita lakukan sebelum, saat, dan setelah terjadi bencana?

Baca juga: Cerita Korban Angin Puting Beliung di Bekasi, Dagangan Hancur dan Rumah Rusak

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X