Hari Ini dalam Sejarah: Pembunuhan Presiden Korsel Park Chung-hee

Kompas.com - 26/10/2020, 10:50 WIB
Patung Park Chung-hee Shutterstock/Lego CameraPatung Park Chung-hee

KOMPAS.com - Hari ini 41 tahun lalu, tepatnya pada 26 Oktober 1979, Presiden Korea Selatan Park Chung-hee dibunuh oleh rekannya sendiri.

Dilansir dari Britannica, pembunuh Park adalah Kepala Badan Intelijen Korea Selatan (KCIA) Kim Jae Kyu, yang juga merupakan sahabat karib Park.

Kematian Park mengakhiri 18 tahun masa kepemimpinannya sebagai Presiden Korea Selatan. Selama masa jabatannya, Park sukses memajukan perekonomian Korea Selatan.

Meski demikian, kesuksesan di bidang ekonomi itu harus dibayar rakyat Korsel dengan pembatasan hak-hak sipil dan politik yang diterapkan oleh Park.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa dan Tsunami yang Senyap di Mentawai

Makan malam di Blue House

Dilansir dari Korea Times, 24 Oktober 2010, pada hari kematiannya, Park menggelar jamuan makan malam terbatas yang dihadiri oleh sejumlah pejabat penting negara itu.

Mereka adalah Kepala KCIA, Kim Jae-kyu; Kepala Satuan Pengamanan Presiden, Cha Ji-chul, dan Kepala Kesekretariatan Blue House (Istana Negara) Kim Gae-won.

Pada malam itu, Park mendiskusikan gejolak politik di masyarakat yang dipicu oleh pemimpin partai oposisi National Assembly, Kim Young-sam.

Young-sam terus menyuarakan kritik terhadap kebijakan Park yang dinilainya otoriter dan membatasi kebebasan masyarakat.

Jamuan makan malam itu digelar di sebuah restoran milik KCIA yang masih berada di Kompleks Blue House.

Selain keempat pria itu, hadir pula dua wanita muda sebagai penghibur. Mereka adalah penyanyi Shim Soo-bong (24), dan Shin Jae-soon (22), mahasiswi jurusan drama Universitas Hanyang.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X