Surat Rapid Test untuk Perjalanan KA, Apakah Berbeda untuk Setiap Tujuan?

Kompas.com - 25/10/2020, 13:27 WIB
Salah satu calon penumpang kereta api jarak jauh menjalani rapid test virus corona. Stasiun Kereta Api Jombang, di wilayah kerja PT KAI Daop 7 Madiun, mulai membuka layanan rapid test bagi calon penumpang, Senin (21/9/2020). KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍSalah satu calon penumpang kereta api jarak jauh menjalani rapid test virus corona. Stasiun Kereta Api Jombang, di wilayah kerja PT KAI Daop 7 Madiun, mulai membuka layanan rapid test bagi calon penumpang, Senin (21/9/2020).

KOMPAS.com - Di tengah situasi pandemi Covid-19, PT KAI tetap mengoperasikan sejumlah perjalanan kereta api dengan menerapkan persyaratan dan protokol kesehatan yang ketat.

Selain harus mengenakan masker, baju lengan panjang, suhu tubuh normal, dan dalam kondisi tidak flu atau demam, PT KAI juga mensyaratkan setiap calon penumpang kereta api jarak jauh untuk menunjukkan hasil rapid test dengan hasil nonreaktif.

Jenis surat rapid test seperti apa yang bisa diterima oleh petugas di stasiun sehingga calon penumpang diizinkan untuk masuk ke peron dan kereta api?

VP Public Relation PT KAI Joni Martinus menyebutkan, tidak ada pakem khusus untuk jenis surat rapid test seperti apa yang bisa diterima oleh PT KAI.

Tes rapid bisa dilakukan di stasiun, dokter di rumah sakit, puskesmas (jika ada), dan beragam fasilitas penyedia layanan lainnya.

"Semua surat rapid test yang sah dan legal, sesuai edaran dari Kemenhub," kata Joni, dihubungi Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Daftar Tambahan Perjalanan Kereta Api pada Libur dan Cuti Bersama Oktober 2020

Hal ini disampaikannya menanggapi berbagai pertanyaan para calon penumpang melalui Twitter. Salah satunya menanyakan apakah surat rapid test bertulis tangan bisa digunakan untuk syarat perjalanan.

Seperti salah satu twit berikut ini:

 

Atas pertanyaan yang dilontarkan, akun @kai121 pun memberikan balasan.

"Selamat pagi. Rencana keberangkatan dari dan menuju stasiun mana Pak?" demikian jawaban admin Twitter PT KAI.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X