Umumkan Pensiun, Berikut Profil Khabib Nurmagomedov

Kompas.com - 25/10/2020, 12:31 WIB
Khabib Nurmagomedov berduel dengan Conor McGregor di T-Mobile Arena, 6 Oktober 2018. AFP/Harry HowKhabib Nurmagomedov berduel dengan Conor McGregor di T-Mobile Arena, 6 Oktober 2018.

KOMPAS.com – Nama Khabib Nurmagomedov sempat menjadi trending topic di Twitter pada Minggu (25/10/2020) pagi.

Pengguna media sosial Twitter banyak membicarakannya setelah ia mengumumkan pensiun sebagai petarung bela diri campuran profesional.

Pengumuman tersebut, ia lakukan usai mengalahkan lawannya Justin Gaethje pada UFC 254 pada Sabtu (24/10/2020) waktu setempat, atau Minggu (25/10/2020) dini hari.

Banyak pihak yang sempat meragukan apakah pria yang kini berusia 32 tahun tersebut mampu meladeni perlawanan Gaethje, usai ayahnya Abdulmanap tutup usia akibat komplikasi yang disebabkan penyakit Covid-19 pada Juli silam.

Baca juga: Profil Valentino Rossi, Rider Moto GP Pertama yang Positif Covid-19

Berikut profil lengkap Khabib Nurmagomedov:

Profil Khabib

Juara UFC, Khabib Nurmagomedov, berbicara mengenai perbandingan dengan Muhammad Ali.TRUE GYM Juara UFC, Khabib Nurmagomedov, berbicara mengenai perbandingan dengan Muhammad Ali.

Khabib Nurmagomedov lahir pada 20 September 1988 di pegunungan Sildi Dagestan, Rusia.

Ayah Khabib adalah Abdulmanap Magomedovich Nurmagomedov yang merupakan pelatih sambo tempur yang terkenal di Rusia.

Sambo merupakan seni bela diri asli Rusia yang menggabungkan gulat, judo, jujitsu, tinju, savate, dan seni bela diri lain.

Baca juga: Daftar dan Profil Penerima Nobel Sastra, Fisika, Kimia, dan Kedokteran 2020

Dilansir dari laman resmi Khabib, di bawah bimbingan ayahnyalah Khabib mengembangkan kariernya sebagai atlet profesional.

Sejak kecil, Khabib selalu bermain gulat dengan saudara laki-lakinya maupun teman-temannya yang total sekitar 15 orang.

Setiap hari mereka berlatih bersama untuk menjadikan dirinya kuat.

Suatu ketika ia menemukan sebuah video rekaman seni bela diri campuran yang kemudian menginspirasinya untuk terjun dalam olah raga tersebut.

Baca juga: Profil dan Karya Louise Glück, Penyair Amerika Serikat Penerima Nobel Sastra 2020

Berlatih judo

UFC 254 akan mempertemukan duel Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje dalam laga perebutan gelar kelas ringan.UFC UFC 254 akan mempertemukan duel Khabib Nurmagomedov vs Justin Gaethje dalam laga perebutan gelar kelas ringan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X